get app
inews
Aa Read Next : Profesor UI Geram soal Tudingan Kritik Kampus ke Jokowi Diorkestrasi: Pemikiran Dangkal 

Inilah 8 Perguruan Tinggi Tertua di Indonesia, Kiprahnya Membanggakan

Kamis, 16 Maret 2023 | 23:38 WIB
header img
Universitas tertua di Indonesia. ITB Kampus Cirebon (Foto: Istimewa)

JAKARTA, iNewsSerpong.id - Terkuak deretan universitas tertua di Indonesia. Sejumlah perguruan tinggi tersebut didirikan saat negeri ini baru saja merdeka dari kolonialisme.

Namun, cikal bakal beberapa universitas tersebut bahkan telah ada jauh sebelum Indonesia merdeka. Berusia sudah cukup tua, seluruh perguruan tinggi tertua ini mampu menjadi sederet universitas favorit di tanah air.

Adapun delapan universitas tertua di Indonesia adalah sebagai berikut.

Universitas tertua di Indonesia

1. Universitas Islam Indonesia (UII)

Berlokasi di Kabupaten Sleman, Yogyakarta, Universitas Islam Indonesia (UII) menyandang status sebagai universitas tertua di negeri ini. Perguruan tinggi swasta tersebut didirikan pada 3 November 1947.

Sebelum itu atau tepatnya pada 8 Juli 1945, cikal bakal UII telah berdiri. Namun pada waktu itu, UII masih bernama Sekolah Tinggi Islam.

2. Universitas Gadjah Mada (UGM)

Masih di Yogyakarta, terdapat pula universitas tertua lainnya, yakni Universitas Gadjah Mada (UGM). Kampus negeri tersebut didirikan pada 19 Desember 1949.

Di awal berdirinya, UGM terdiri dari 6 fakultas saja. Namun kini, perguruan tinggi tersebut berkembang menjadi salah satu yang terbaik di Indonesia dan nagkring di posisi ke-56 Asia berdasarkan Quacquarelli Symonds Asia University Ranking (QS AUR) 2023. 

3. Universitas Indonesia (UI)

Pada tahun 1849, pemerintah kolonial Belanda membangun perguruan tinggi bernama Dokter Djawa School Batavia. Kampus tersebut ternyata menjadi cikal bakal Universitas Indonesia (UI).

Kemudian, UI diresmikan pada tanggal 2 Februari 1950. Di tahun ini, UI berada di posisi ke-49 Asia berdasarkan Quacquarelli Symonds Asia University Ranking (QS AUR) 2023. 

Editor : Syahrir Rasyid

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut