get app
inews
Aa Read Next : HIKMAH JUMAT : Nilai-nilai yang Terkandung dalam Shalat

Pernah Jadi Kiblat Sholat, ini Sejarah Masjid Al Aqsa

Jum'at, 07 April 2023 | 08:46 WIB
header img
Dome of the Rock salah satu masjid di kompleks Al Aqsa juga kerap menjadi sasaran perusakan pasukan Israel (Foto: Reuters)

JAKARTA, iNewsSerpong.id - Masjid Al Aqsa kembali dinodai pasukan Zionis Israel. Mereka menyerbu masuk tempat suci ketiga umat Islam, setelah Masjidil Haram dan Masjid Nabawi itu, dan menyerang jemaah yang beribadah Ramadhan pada Selasa (4/4/2023) malam.

Ini merupakan pengulangan tindak kekerasan yang dilakukan pasukan Israel terhadap umat Islam Palestina setiap Ramadhan. Eskalasi antara Palestina dan Israel memang sedang meningkat beberapa bulan belakangan, termasuk di Tepi Barat.

Al Aqsa adalah masjid penting yang sangat bersejarah bagi umat Islam. Masjid ini sangat erat kaitannya dengan kisah Isra Mikraj Nabi Muhamaad SAW. Setahun sebelum hijrah ke Madinah, Rasulullah SAW melakukan perjalanan dari Makkah ke Sidratul Muntaha atau tempat yang paling tinggi, hanya dalam semalam. 

Atas izin Allah SWT, Rasulullah naik dan menembus tujuh lapisan langit dan bertemu dengan beberapa Nabi sebelumnya. Isra merupakan perjalanan Nabi Muhammad SAW dari Masjidil Haram di Makkah menuju Masjid Al Aqsa atau Baitul Maqdis di Palestina. Sedangkan perjalanan menembus tujuh lapisan langit itulah yang dinamakan Mikraj.

Di masjid ini pula, Nabi Muhammad SAW menjadi imam salat berjamaah bagi lebih dari 160.000 nabi lainnya. Terlebih, Al Aqsa menjadi kiblat pertama umat Islam sebelum dipindahkan ke Kakbah. Masjid yang disebut Rasulullah SAW sebagai kubah biru ini dibangun Nabi Yakub AS dan direnovasi oleh Nabi Daud AS, serta disempurnakan oleh Nabi Sulaiman AS. 

Sultan Abdul Malik bin Marwan dari Dinasti Bani Umayyah kemudian memperbaiki dan memperluasnya pada 658 hingga 705 M. Masjid ini sempat beberapa kali diperbaiki akibat gempa bumi. 

Kondisi Masjid Al Aqsa yang dilihat saat ini merupakan hasil pugaran pada era Sultan Ali Azzahir pada 1035 M. 

Editor : Syahrir Rasyid

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut