get app
inews
Aa Read Next : Pemuda Cianjur Tertipu Nikahi Laki-laki, Kecewa lalu Lapor Polisi

Ini Amalan yang Bisa Dijalani 10 Hari Terakhir Ramadan bagi Wanita Sedang Haid

Sabtu, 15 April 2023 | 15:56 WIB
header img
Amalan ini bisa dilakukan oleh perempuan yang sedang haid di 10 hari terakhir bulan Ramadhan. (Foto: YouTube)

JAKARTA, iNewsSerpong.id - Di sepuluh hari terakhir bulan Ramadhan, umat Muslim biasanya berlomba-lomba melakukan kebaikan, terutama ibadah. Tak terkecuali bagi kaum hawa yang sedang datang bulan atau haid.

Penceramah sekaligus Muthawif, Ustadz Kang Najmi mengatakan, meskipun perempuan yang sedang haid diharamkan untuk melaksanakan sholat, bukan berarti mereka tidak bisa melakukan ibadah lain. 

Ustadz Kang Najmi juga mengimbau kaum hawa agar tidak menjadikan haid sebagai alasan untuk bermalas-malasan selama bulan puasa. Apalagi di sepuluh hari terakhir bulan Ramadhan.

“Jadi jangan mentang-mentang kaum hawa nih ya, temen-temen perempuan yang milenial kalau misalkan lagi ada tamu, bahkan bangun sahur pun enggak. Malas sampai siang, malamnya diisi berlalu begitu saja. Sayang sekali,” kata Ustadz Kang Najmi dalam Podcast Aksi Nyata di Youtube Partai Perindo, Jumat (14/4/2023).

Ustadz Kang Najmi menjelaskan, meski masih ada perbedaan pendapat dari para ulama, perempuan yang sedang haid bisa melakukan amalan-amalan lain selama sepuluh hari terakhir di bulan Ramadhan. Mulai dari berdzikir hingga bershalawat. 

“Untuk teman-teman perempuan yang mendapatkan tamu, shalat memang haram bagi dia. Tapi membaca Al-Quran itu ada ikhtilaf. Sebagian ulama ada yang membolehkan, sebagian ada yang mengatakan tidak boleh kecuali mendengar dan sebagainya,” ujar dia.

Editor : Syahrir Rasyid

Follow Berita iNews Serpong di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut