get app
inews
Aa Read Next : KISAH SUKSES : Waluyo Dirikan Sekolah Burung, Omzet Puluhan Juta Rupiah

Perajin Keset Asal Tulungagung Raup Omzet Rp300 Juta per Bulan, Berdayakan 700 Ibu-ibu di Kampung

Minggu, 23 April 2023 | 08:46 WIB
header img
Berdayakan 700 ibu-ibu di daerahnya, Perajin Keset asal Tulungagung ini mampu raup omzet Rp300 juta per bulan. (Foto : YouTube PecahTelur)

JAKARTA, iNewsSerpong.id - Abdai Romi, pria asal Tulungagung, Jawa Timur sukses menjadi perajin keset dengan memanfaatkan kain perca. Pebisnis ini memberdayakan sekitar 700 ibu-ibu di daerahnya. Produksi keset Abdai Romi per minggu 15.000  buah dengan harga Rp5.000 perkeset, omzet sebulan tembus Rp300 juta. 

Abdai Romi bukan sembarang pebisnis, awalnya menjalankan bisnis toko kelontong sebelum akhirnya memutuskan banting setir menjadi perajin.

Sebelum menjadi perajin keset pada 2012, tutur Abdai Romi yang dilansir akun YouTube PecahTelur, pria ini memiliki toko kelontong sederhana di wilayah Kalidawir, Tulungagung.

Capek Diutangin Pembeli

Namun, karena kerap diutangi, akhirnya dia memutuskan untuk menjalani bisnis lain.

"Namanya di desa, tetangga banyak yang utang bayarnya susah.  

Terus kepikiran usaha lain yang diutangin tidak masalah dan tidak habis dalam arti tidak dimakan dan tidak busuk," ujarnya.

Abdai Romi mengakui, Terjun ke bidang kerajinan berawal dari keisengannya saat sedang menunggu toko kelontongnya.

Karena toko semakin lama merosot penjualannya, akhirnya dia memutuskan untuk pindah ke kerajinan keset dengan modal minim dari utang.

"Waktu itu utang Rp4 juta, alhamdulillah Rp4 juta bisa diputar beli bahan kain perca konveksi, kemudian dibuat kerajinan keset dengan produksi 200 per bulan," ujarnya.

Editor : Syahrir Rasyid

Follow Berita iNews Serpong di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut