Logo Network
Network

HIKMAH JUMAT : Istiqamah Pasca Ramadhan

PENULIS : Dr. Abidin, S.T., M.Si.
.
Jum'at, 28 April 2023 | 05:39 WIB
HIKMAH JUMAT : Istiqamah Pasca Ramadhan
Bulan Syawal momentum pembuktian keberhasilan seorang hamba yang lulus dari proses pendidikan dan pelatihan di bulan Ramadhan. (Foto : Ist)

Penulis : Dr. Abidin, S.T., M.Si. -- Dosen Universitas Buddhi Dharma & Ketua Umum Yayasan Bina Insan Madinah Catalina

BULAN suci Ramadhan baru saja berlalu meninggalkan kita. Masih tertanam kuat dalam ingatan kita, betapa indahnya beribadah di bulan suci Ramadhan. Berbagai ibadah kita laksanakan, baik ibadah wajib maupun sunnah, yang dilaksanakan sendiri maupun berjamaah.

Berakhirnya bulan suci Ramadhan, bukan berarti berakhir pula tugas berat seorang hamba untuk meraih dan meningkatkan ketakwaannya kepada Allah SWT. Justru di bulan Syawal inilah ketakwaan seorang hamba harusnya dapat lebih ditingkatkan.

Oleh karenanya, setelah Ramadhan usai datanglah bulan Syawal yang artinya bulan peningkatan. Selama sebulan penuh di bulan Ramadhan, seluruh hamba yang beriman dididik dan dilatih oleh Allah SWT untuk membiasakan diri melakukan berbagai amal shalih, dan mulai bulan Syawal ini kebiasaan baik itu harus semakin meningkat.

Tercerai Berai Kembali

Berbagai amal shalih yang dilakukan seorang hamba selama bulan Ramadhan, laksana helai demi helai benang yang dipintal kuat menjadi kain yang indah. Alangkah sayangnya, jika kemudian di bulan Syawal ini, benang yang sudah dipintal kuat menjadi kain itu, dilepas satu per satu hingga menjadi tercerai berai kembali.

Allah SWT mengingatkan kepada kita melalui firman-Nya yang artinya: “Dan janganlah kamu seperti seorang perempuan yang menguraikan benangnya yang sudah dipintal dengan kuat, menjadi cerai berai kembali, kamu menjadikan sumpah (perjanjian)-mu sebagai alat penipu di antaramu, disebabkan adanya satu golongan yang lebih banyak jumlahnya dari golongan yang lain. Sesungguhnya Allah hanya menguji kamu dengan hal itu. Dan sesungguhnya di hari kiamat akan dijelaskan-Nya kepadamu apa yang dahulu kamu perselisihkan itu.” (QS. An-Nahl [16]: 92).

Bulan Syawal menjadi momentum pembuktian keberhasilan seorang hamba yang lulus dari proses pendidikan dan pelatihan (diklat) yang dilakukan di bulan Ramadhan. Oleh karenanya, janganlah kita menjadi orang yang secara perlahan namun pasti, meninggalkan berbagai ibadah yang dilaksanakan selama bulan suci Ramadhan.

Istiqamah, barangkali itulah diksi yang paling tepat untuk mengingatkan kita semua pasca Ramadahan ini. Istiqamah dalam konteks ini merupakan sikap atau upaya seorang hamba untuk tetap teguh menjalankan berbagai amal shalih yang biasa dilakukannya selama bulan suci Ramadhan.

Setidaknya ada tiga hal yang wajib dilakukan secara istiqamah oleh hamba-hamba yang lulus diklat Ramadhan, di antaranya:

Senantiasa Mengendalikan Diri (Self Control)

Pokok ibadah di bulan Ramadhan adalah mengendalikan diri (self control) sebagai bentuk ketaatan kepada perintah Allah SWT. Jangankan melakukan yang haram, melakukan yang halal saja kalau belum waktunya, seorang hamba yang beriman tidak mau melakukannya.

Contoh diklat pengendalian diri yang lain di bulan Ramadhan adalah menahan amarah. Kemampuan menahan amarah menjadi contoh amal shalih yang harus terus ditingkatkan, terlebih di tahun politik seperti sekarang ini. Jangan karena perbedaan pilihan dan tidak mampu mengendalikan amarah, menyebabkan persaudaraan kita menjadi terkoyak kembali pasca Ramadhan.

Sahabat Rasulullah SAW, Abu Hurairah RA menceritakan bahwa ada seorang laki-laki meminta wasiat kepada Baginda Rasulullah SAW: “Berilah aku wasiat.” Beliau menjawab: “Engkau jangan marah.” Kemudian orang itu mengulangi permintaannya berulang-ulang, kemudian Baginda Rasulullah SAW bersabda: “Jangan marah.” (HR. Bukhari).


Kemampuan menahan amarah menjadi contoh amal shalih yang harus terus ditingkatkan, terlebih di tahun politik seperti sekarang ini. (Foto : Ist)

Follow Berita iNews Serpong di Google News

Halaman : 1 2
Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.