get app
inews
Aa Read Next : Diduga Motif Persaingan Usaha, Pedagang Bensin Eceran Dibacok di Tangerang Selatan

Sejarah Singkat Jurang Mangu Tangsel, Dulu hanya Areal Ladang dan Perkebunan Kini Kawasan Elite

Selasa, 02 Mei 2023 | 16:13 WIB
header img
Stasiun Jurang Mangu, Tangerang Selatan. Foto: Raihannisa Fitria

SERPONG, iNewsSerpong.id - Jurang Mangu adalah sebuah wilayah di Kota Tangerang  Selatan, Banten Indonesia. Dahulu kala, daerah ini merupakan sebuah kawasan yang sangat terpencil dan berjarak cukup jauh dari pusat kota Jakarta.

Nama Jurang Mangu berasal dari kata "jurang" yang artinya lembah, dan "mangu" yang merupakan nama tanaman yang tumbuh di sekitar lembah tersebut.

Sejarah awal Jurang Mangu tidak terdokumentasi secara rinci, namun diperkirakan wilayah ini sudah dihuni sejak zaman penjajahan Belanda. Pada saat itu, daerah ini digunakan sebagai lahan perkebunan dan perladangan oleh masyarakat setempat.

Pada masa penjajahan Jepang, wilayah Jurang Mangu dijadikan sebagai tempat pengasingan bagi para tawanan perang sekutu. Selain itu, pada masa kemerdekaan Indonesia, Jurang Mangu juga pernah menjadi tempat pertempuran sengit antara pasukan Indonesia dan Belanda.

Setelah masa kemerdekaan, Jurang Mangu berkembang pesat menjadi sebuah kawasan yang cukup strategis karena berada di jalur utama yang menghubungkan Jakarta dengan Bogor. Seiring perkembangan kota Jakarta yang semakin pesat, Jurang Mangu pun menjadi semakin padat dan terurbanisasi.

Saat ini, Jurang Mangu menjadi salah satu kecamatan yang memiliki banyak kompleks perumahan, pusat perbelanjaan, dan tempat hiburan. Wilayah ini juga dilalui oleh jalan tol Jakarta-Tangerang dan Jakarta-Serpong, sehingga menjadi salah satu akses utama bagi penduduk yang hendak bepergian ke arah barat dan selatan Jakarta.

Editor : Vitrianda Hilba Siregar

Follow Berita iNews Serpong di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut