get app
inews
Aa Read Next : Tak Bayar THR, Perusahaan Kena Denda hingga Penghentian Sementara

10 Keterampilan Paling Banyak Dicari Perusahaan, Bukan Sekadar Melamar

Kamis, 04 Mei 2023 | 09:37 WIB
header img
Dear pekerja, ini dia 10 keterampilan paling banyak dicari perusahaan

NEW YORK, iNewsSerpong.id - World Economic Forum (WEF) menyatakan, dunia kerja mengalami transformasi besar saat ini, dengan jutaan peran berpotensi dihilangkan atau diciptakan di tahun-tahun mendatang. Ada sejumlah faktor yang mempengaruhi, mulai dari kemajuan teknologi hingga perubahan iklim. 

Namun satu hal yang pasti bahwa pekerja harus mampu beradaptasi dengan perkembangan zaman. Karena itu, memiliki keterampilan untuk menavigasi perubahan tersebut sangat penting. 
Dalam laporan WEF, Future of Jobs menjabarkan keterampilan yang menjadi kunci saat ini, dan mana yang akan menjadi vital di tahun-tahun mendatang. Laporan ini didasarkan pada survei terhadap 803 perusahaan pada 27 kelompok industri di 45 negara berbeda.

Adapun keterampilan berpikir analitis dan kreatif menempati posisi teratas yang paling dicari perusahaan dari pekerja saat ini. Keterampilan self-efficacy, termasuk ulet, fleksibel dan gesit, termotivasi dan sadar diri, serta rasa ingin tahu dan komitmen untuk terus belajar, berada di daftar lima besar.

"(Ini) sebagai pengakuan akan pentingnya kemampuan pekerja untuk beradaptasi dengan tempat kerja yang terganggu," tulis laporan itu, dikutip dari CNBC International, Kamis (4/5/2023). 

Sementara hanya satu keterampilan terkait teknologi, yakni literasi teknologi yang masuk 10 besar dan berada di posisi keenam. Sedangkan kemampuan memahami dan bekerja dengan AI dan big data berada di peringkat 15.

Daftar peringkat terbaru mencerminkan beberapa perubahan dari iterasi terakhir survei ini, yang diterbitkan pada 2020 lalu.

"Perbandingan dengan survei sebelumnya menunjukkan bahwa berpikir kreatif semakin penting dibandingkan dengan berpikir analitis karena tugas di tempat kerja menjadi semakin otomatis," kata laporan tersebut.

 

Editor : Syahrir Rasyid

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut