get app
inews
Aa Read Next : Forbes Rilis 10 Orang Terkaya di Indonesia 2024

Tajir Melintir, Harta 9 Miliarder Ini Tak Surut Meski dihantam Pandemi Covid19, Ada Nik Stronosky

Rabu, 05 Januari 2022 | 17:00 WIB
header img
Harta Para Konglomerat Ini Tak Habis-habis Meski Dihantam Pandemi, Ada Nik Storonsky (FOTO:MNC Media)

JAKARTA,iNewsSerpong.id-Pandemi Covid19 bagi sebagian orang memberikan dampak yang luar biasa, bahkan menggerus pundi-pundi kekayaan. Nah ada segelintir  konglomerat dimasa pandemi justru mendulang keuntungan berlipat.

Lonjakan kekayaan bersih mereka tercatat paling tinggi dalam persentase. Para taipan dan investor ini mungkin tidak membanggakan kekayaan seperti Elon Musk atau Jeff Bezos yang mempunyai kekayaan lebih dari USD100 miliar. Namun, masing-masing dari mereka melipatgandakan kekayaan bersihnya selama setahun.

Beberapa adalah pendiri perusahaan swasta yang kekayaannya tumbuh karena putaran pendanaan baru. Sementara yang lain mendapat manfaat dari melonjaknya nilai saham yang diperdagangkan secara publik.

Melansir Forbes, Rabu (5/1/2022), berikut daftar miliarder yang alami lonjakan kekayaan sepanjang 2021:

1. Tatyana Bakalchuk

Kewarganegaraan: Rusia

Persentase keuntungan: 1,075%

Bakalchuk, pendiri dan pengecer e-commerce Rusia Wildberry, memiliki kekayaan sekitar USD12,9 miliar atau setara Rp184,4 triliun (kurs Rp14.300 per USD), naik dari hanya USD1,1 miliar pada awal tahun 2021. Hal ini berkat lonjakan permintaan untuk belanja online selama pandemi–dan melonjaknya valuasi Wildberry secara public, rekan-rekan yang diperdagangkan.

Miliarder wanita terkaya di Rusia, Bakalchuk telah mengawasi ekspansi global Wildberry ke pasar global lainnya, termasuk Amerika Serikat. Perusahaan menggandakan pendapatannya pada tahun 2020 menjadi sekitar USD5,7 miliar.

Seorang mantan guru bahasa Inggris dan ibu dari empat anak, Bakalchuk, 46, mendirikan Wildberries pada tahun 2004 dari apartemennya di Moskow saat sedang cuti hamil. Pada tahun-tahun awal, dia menjual kembali pakaian dari pengecer Jerman Otto. Hari ini, Wildberry menawarkan lebih dari 31.000 merek di situs webnya.

2. Nik Storonsky

Kewarganegaraan: Inggris dan Rusia

Persentase keuntungan: 547%

Storonsky, CEO dan salah satu pendiri fintech perbankan Revolut, melihat kekayaan bersihnya melonjak hampir 550% menjadi USD7,1 miliar atau setara Rp101,5 triliun (kurs Rp14.300 per USD) dari 1,1 miliar. Pada bulan Juli, Revolut menyelesaikan putaran pendanaan USD800 juta yang memberi nilai perusahaan sebesar USD33 miliar, menjadikannya startup fintech paling berharga di Inggris. Storonsky memiliki lebih dari 20% perusahaan.

Storonsky, yang tinggal di London dan memegang kewarganegaraan ganda Inggris-Rusia, memulai kariernya sebagai pedagang derivatif di Lehman Brothers dan Credit Suisse. Di bawah kepemimpinannya, Revolut telah menarik lebih dari 10 juta pelanggan dan memproses lebih dari 350 juta transaksi. Pendapatan dari apa yang disebut "neobank" ini tumbuh 34% pada tahun 2020—dari USD229 juta menjadi USD307 juta—meskipun kerugian juga naik 57%.

Editor : Syahrir Rasyid

Follow Berita iNews Serpong di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut