Logo Network
Network

Media Inggris Sebut Indonesia Punya Target Besar di Balik Keseriusan Bina Pemain Muda

Burhan
.
Kamis, 06 Januari 2022 | 09:47 WIB
Media Inggris Sebut Indonesia Punya Target Besar di Balik Keseriusan Bina Pemain Muda
Pemain muda Indonesia yang bermain di Skuad Garuda dalam ajang Piala AFF 2020. (Foto : PSSI)

LONDON, iNews.Serpong.id – Upaya PSSI membuat program Garuda Select mendapat pujian dari Media Inggris, Daily Star. Program ini memberikan kesempatan kepada pemain muda Indonesia menimba ilmu di Eropa. Selama di sana, talenta belia ini dibimbing legenda Chelsea, Dennis Wise dan mantan pemain Notthingham Forest Des Walker.

Media Inggris tersebut kagum dengan usaha PSSI membina pemain muda hingga ke Benua Biru. Mereka merasa itu diperlukan lantaran Indonesia kekurangan pemain bintang. ”Salah satu negara yang secara khusus kekurangan pemain bintang di level paling atas adalah Indonesia. Negara Asia Tenggara ini tidak memiliki pemain di liga top Eropa mana pun,” tulis Daily Star dikutip, Kamis (6/1/2022).

Media itu juga menyebut, bukan rahasia lagi ada kekurangan pesepakbola Asia yang bermain di level paling atas. “Legenda Chelsea Dennis Wise melakukan semua yang dia bisa untuk menghentikan hal itu terjadi," tulis media tersebut.

Elkan Baggott yang bermain di Ipswich U-23 disebut satu-satunya pemain Indonesia yang berkarier di Inggris. Asnawi Mangkualam diklaim sebagai pemain termahal di skuad Garuda saat ini. "Menurut Transfermarkt, talenta termahal Indonesia adalah Asnawi Mangkualam yang bermain untuk Ansan Greeners di kasta kedua sepak bola Korea Selatan," kata mereka.

Daily Star menyebut Indonesia punya target besar di balik keseriusan membina pemain muda. Misi yang dimaksud adalah pemain Tanah Air bisa dilirik klub elite hingga skuad Garuda lolos Piala Dunia. "Idenya agar klub-klub top kemudian dapat melihat para pemain dan menandatangani mereka. Ada juga memungkinkan bintang muda berkembang dan mempersiapkan target nasional yang lebih besar seperti kualifikasi untuk Piala Dunia 2030."

Garuda Select sudah terbukti melahirkan pemain yang direkrut tim Eropa. Bagus Kahfi salah satu alumni yang diboyong Klub Belanda FC Utrecht.

Editor : Burhan

Follow Berita iNews Serpong di Google News

Bagikan Artikel Ini