get app
inews
Aa Read Next : Mitos atau Fakta? AC Bikin BBM Mobil Boros

Mitos Ayam Berkokok Tengah Malam, Salah Satunya Pertanda Malaikat Lewat

Sabtu, 13 Mei 2023 | 13:23 WIB
header img
Mitos ayam berkokok tengah malam (Foto: Istimewa)

JAKARTA, iNewsSerpong.id - Sedikitnya ada tujuh mitos ayam berkokok tengah malam yang masih dipercaya oleh sebagian masyarakat Indonesia. Salah satunya sebagai pertanda datangnya malaikat. 

Pada umumnya ayam berkokok pada pagi hingga siang hari. Namun jika ayam berkokok pada malam hari, ternyata memiliki makna tersendiri yang masih melekat di masyarakat. Lantas, apa saja maknanya? Simak ulasan berikut ini.

Berikut tujuh mitos ayam berkokok tengah malam hari: 

1. Pertanda Hantu Lewat

Sebagian orang percaya jika terdengarnya suara ayam berkokok pada malam hari menandakan adanya sosok makhluk supernatural alias hantu yang lewat di sekitarnya. Menurut kepercayaan orang-orang ayam tersebut akan berkokok diatas jam 22.00.

Hantu yang lewat tersebut kemudian di respon suara ayam dengan cara berkokok. Oleh karenanya, jika Anda mendengarkan suara tersebut di malam hari, segeralah membaca doa agar terlindung dari hal buruk.

2. Malaikat Datang dan Lewat

Dalam ajaran Islam, berkokoknya ayam di malam hari juga dipercaya sebagai penanda adanya malaikat yang datang dihadapanmu atau hanya sekedar lewat saja.

Hal tersebut didasari karena adanya kepercayaan dari umat Islam terhadap ayam yang memiliki kemampuan istimewa dibanding hewan unggas lainnya, yakni dapat melihat sosok malaikat.

3.  Menandakan Maling yang Sedang Beraksi

Tidak hanya dikaitkan dengan hal mistis dan gaib saja, berkokoknya ayam di malam hari juga dianggap sebagai penanda hadirnya maling yang sedang beraksi. 

Maling yang siap beraktifitas itu bisa direspon ayam dengan suara berkokoknya. Maka dari itu, Anda perlu berhati-hati jika mendengar ayam berkokok di malam hari.

4. Penanda Lapar dan Haus

Sebagai unggas yang tidak bisa memprediksikan dirinya kapan akan merasa lapar, berkokoknya ayam juga dipercaya sebagai penanda dirinya dalam keadaan haus dan lapar. 

Jika sudah lapar, maka secara spontan ia akan bersuara dengan berkokok. Untuk menghindari kecemasan di malam hari, Anda dapat menghindari dengan cara memberinya makan di sore harinya.

5. Ayam Akan Mengerami Telurnya

Bunyi ayam berkokok di malam hari ternyata juga bisa mengindikasikan sebagai pertanda ia akan mengerami telurnya. Hal itu merujuk pada sifat alamiah ayam yang selalu berkokok terus-terusan ketika hendak mengerami telur. 
 

Editor : Syahrir Rasyid

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut