get app
inews
Aa Read Next : Waspada, BMKG Peringatkan Gelombang Panas Menuju Indonesia, Suar Matahari Meledak Kuat

The Beast Mobil Tua Era 1970, Bermesin Pesawat Rolls Royce Merlin V12 Setara 750 Tenaga Kuda

Minggu, 14 Mei 2023 | 21:56 WIB
header img
Nama mobil tua ini adalah The Beast, mobil legendaris era 1970-an. Meski mobil tua namun mesinnya luar biasa, memakai mesin pesawat Rolls Royce Merlin V12. Foto: Car and Classic/odditycentral

Penampilan dan spesifikasi teknis mobil ini membuatnya menjadi sesuatu yang aneh dan menarik perhatian orang-orang yang melintas dan pengemudi berpengalaman. Mobil ini tampil di acara televisi dan berbagai acara di seluruh Eropa, tetapi pada tahun 1974, ketika sedang dalam perjalanan pulang dari perjalanan ke Swedia, bencana datang.

Mobil unik ini terbakar saat sedang diangkut dari pameran mobil, dan kerusakannya begitu parah sehingga Dodd tidak punya pilihan selain membangun ulang mobil tersebut hampir dari awal. Dia melakukannya, kali ini memasang mesin pesawat Rolls-Royce Merlin V12 yang sebelumnya digunakan pada pesawat tempur Spitfire dan Hurricane selama Pertempuran Britania dalam Perang Dunia II.

Dodd memesan bodi fiberglass besar dari perusahaan bernama Fibre Glass Repairs, yang juga membangun bodi pertama, dan menciptakan grill kustom khusus untuk The Beast. Iterasi kedua ini dinobatkan sebagai mobil terkuat di dunia oleh Guinness Records pada tahun 1977, dan terdapat rumor bahwa mobil ini dapat mencapai kecepatan tertinggi hingga 260 mph (418 km/jam). Performanya yang sebenarnya masih belum diketahui.

John Dodd melarikan diri dari Britania Raya dan menetap di Spanyol setelah Rolls-Royce memenangkan gugatan terhadapnya karena menyebut The Beast sebagai Rolls-Royce, dan ia membawa mobil muscle car kesayangannya bersamanya. Dia tidak pernah menjualnya, tetapi Dodd meninggal pada akhir tahun lalu, dan keluarganya memutuskan untuk melelang The Beast. 

Editor : Vitrianda Hilba Siregar

Follow Berita iNews Serpong di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut