get app
inews
Aa Read Next : Praktik Pertambangan Ilegal di Konawe Utara Terus Jadi Sorotan

Berkat Foto Google Maps, Bos Mafia Buron Hampir 20 Tahun Tertangkap

Jum'at, 07 Januari 2022 | 09:03 WIB
header img
Berkat Google Maps buronan 2o tahun ditangkap. (Foto : Ist)

ROMA, iNewsSerpong.id –  Gioacchino Gamino yang melarikan diri dari penjara Roma pada 2002 akhirnya tertangkap. Lokasi persembunyian anggota kelompok Stidda Mafia Sisilia itu ditemukan berkat gambar dari Google Street View. Otoritas anti-mafia Italia pun mencokok buronan itu.

Gamino divonis penjara seumur hidup karena pembunuhan dan kejahatan terkait Mafia lainnya pada 1998, dan telah masuk dalam daftar penjahat paling dicari di Italia. Dia lolos dari penjara tiga tahun kemudian, selama pembuatan film.

Dia berhasil ditangkap di Kota Galapagar, dekat ibu kota Spanyol, Madrid, tempat dia tinggal, bekerja sebagai koki, dan menjalankan toko sayur, dengan menggunakan nama Manuel. Polisi di Sisilia telah mencari pria berusia 61 tahun itu selama beberapa tahun, dan surat perintah penangkapan Eropa telah dikeluarkan pada 2014.

Namun, gambar dari Google Street View-lah yang akhirnya memungkinkan pihak berwenang untuk menemukan lokasi spesifik Gamino. Alat navigasi Google itu menangkap gambar dua pria yang sedang mengobrol di luar El Huerto de Manu, Taman Manu, toko milik ‘Manuel’, dan petugas mencatat bahwa salah satu dari mereka sangat mirip dengan Gamino.

Bos Mafia itu diidentifikasi lebih lanjut dengan bekas luka di sisi kiri dagunya yang terlihat dalam foto di halaman Facebook restoran lokal. Meskipun Gamino ditahan pada 17 Desember, penangkapannya tidak dipublikasikan sampai dilaporkan oleh harian La Repubblica Italia pada Rabu (5/1/2022).

“Ada banyak penyelidikan sebelumnya dan panjang yang membawa kami ke Spanyol. Kami berada di jalur yang baik, dengan Google Maps membantu mengonfirmasi penyelidikan kami," kata jaksa Palermo Francesco Lo Voi kepada media Italia sebagaimana dilansir RT.

Menurut laporan lokal, setelah penangkapannya, Gamino, yang tampaknya mengira dia telah berhasil memutuskan semua hubungan dengan masa lalunya, bertanya kepada pihak berwenang.

“Bagaimana Anda menemukan saya? Saya bahkan belum menelepon keluarga saya selama 10 tahun!” Gamino saat ini dalam tahanan Spanyol, dengan polisi Italia berharap untuk mengekstradisi dia untuk menghadapi hukumannya pada akhir Februari. (*)

 

Editor : Syahrir Rasyid

Follow Berita iNews Serpong di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut