get app
inews
Aa Read Next : Dulunya Miskin, ini 5 Negara Mayoritas Muslim jadi Maju di Asia

Negara Maju Berdasar IPM Meliputi 7 Negara Mayoritas Berpenduduk Muslim

Selasa, 23 Mei 2023 | 17:34 WIB
header img
Pemandangan gedung-gedung pencakar langit di Dubai, Uni Emirat Arab. Foto/REUTERS

Mempertimbangkan paritas daya beli, Arab Saudi adalah salah satu dari 30 negara terkaya di dunia dan, yang punya pendapatan tahunan rata-rata USD21.540 membuatnya menjadi salah satu negara berpenghasilan tinggi.

3. Bahrain

Memiliki nilai IPM yang sama dengan Arab Saudi yakni 0,875, membuat Bahrain berada di posisi ke-37 sebagai negara maju, tepat di bawah Lithuania.

Meskipun telah dikategorikan sebagai negara maju oleh PBB, namun Bahrain termasuk ke dalam negara berkembang bila mengacu pada International Monetary Fund (IMF).

4. Qatar

Posisi berikutnya ada Qatar yang punya IPM 0,855 membuat negara ini bercongkol di urutan ke-43, berada di bawah Chile dan di atas San Marino.

Negara penyelenggara Piala Dunia 2022 ini juga dikenal akan kekayaan finansialnya yang disokong oleh cadangan gas alam dan minyak terbesar ketiga di dunia.

5. Turki

Kemudian ada Turki yang menempati posisi ke-48 sebagai negara maju dengan IPM 0,838. Negara ini memang telah dikategorikan sebagai negara maju oleh PBB, namun menurut CIA World Factbook yang mengikuti sistem klasifikasi Bank Dunia, memposisikan Turki sebagai negara menengah ke atas yang sesuai dengan ekonomi berkembang.

6. Kuwait

Kuwait rupanya juga termasuk dalam negara maju menurut PBB bila melihat dari angka IPM pada tahun 2021, di mana negara ini berada di posisi ke-50 dengan indeks sebesar 0,829.

Posisi Kuwait disini juga sama dengan Turki dan Bahrain yang dikategorikan sebagai negara menengah ke atas bila mengikuti sistem klasifikasi Bank Dunia.

7. Brunei Darussalam

Terakhir ada Brunei Darussalam yang punya IPM yang sama dengan Kuwait yakni 0,829, membuatnya berada di posisi ke-52.

Bila melihat dari paritas daya beli, Brunei adalah salah satu dari 20 negara terkaya di dunia dan, yang punya pendapatan tahunan rata-rata USD 30.320 membuatnya menjadi salah satu negara berpenghasilan tinggi.

(*)

Editor : Syahrir Rasyid

Follow Berita iNews Serpong di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut