get app
inews
Aa Read Next : Ketua RW hingga Sekuriti Ditangkap Polisi terkait Kasus Narkoba di Tangerang Selatan

Ratusan Warga Terancam di Muncul Tangerang Selatan, Gara-gara Tebing Rawan Longsor

Senin, 29 Mei 2023 | 08:18 WIB
header img
Longsor baru-baru terjadi di salah satu titik tebing, di Kampung Sengkol, Muncul, Setu, Tangsel. Meski tak ada korban jiwa, namun sejumlah rumah terdampak. (Foto : Hambali)

TANGERANG SELATAN, iNewsSerpong.id - Longsor mengancam ratusan warga Kampung Sengkol, Muncul, Setu, Tangerang Selatan (Tangsel). Belum lama ini, salah satu titik tebing alami longsor.

Meski tak ada korban jiwa, namun sejumlah rumah terdampak atas peristiwa itu. Wilayah Muncul merupakan kelurahan dengan area terluas di Kota Tangsel.

Di sana disebutkan ada sekira 30 titik pemukiman yang berbatasan langsung dengan tebing. Kedalaman tebing itu cukup variatif, yakni antara 1 hingga 7 meter.

Bekas Galian Tanah

Topografi permukaan tanah di wilayah Muncul memang banyak dipenuhi tebing dengan kedalaman variatif. Hal itu dilatarbelakangi adanya bekas galian-galian tanah pada tahun 1980-an silam.

"Di Muncul ini ada sekitar 30 titik tebing. Tebing itu kebanyakan belum diturap, tapi ada juga yang sudah (diturap). Ini dulunya memang bekas galian buat ngurug PIK di Jakarta," terang Sekretaris Kelurahan Muncul, Muhamad Ali, Kamis (25/5/2023).

Dari 30 titik pemukiman yang bertebing itu, ada ratusan Kepala Keluarga (KK) yang tinggal di sekitarnya. Longsor pun mengintai manakala hujan deras turun. Salah satunya menimpa kediaman Sunardi (37) di RT03 RW01, pada Minggu 21 Mei 2023.

Longsor di sana terjadi beberapa saat usai hujan deras turun mengguyur. Tebing yang berada sekira 5 meter di atas rumah Sunardi longsor hingga materialnya menghantam bagian dapur.

Editor : Syahrir Rasyid

Follow Berita iNews Serpong di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut