get app
inews
Aa Read Next : Patahan Sendok Jadi Alat Bobol Kotak Amal, Pria di Pondok Ranji Ini Dibekuk Pengurus Masjid

Ratusan Warga Terancam di Muncul Tangerang Selatan, Gara-gara Tebing Rawan Longsor

Senin, 29 Mei 2023 | 08:18 WIB
header img
Longsor baru-baru terjadi di salah satu titik tebing, di Kampung Sengkol, Muncul, Setu, Tangsel. Meski tak ada korban jiwa, namun sejumlah rumah terdampak. (Foto : Hambali)

Khawatir longsor susulan terjadi, keluarga kecil itu pun terpaksa mengungsi ke rumah tetangga. Tak hanya rumah di bagian bawah yang terdampak longsor, pada tebing atas terdapat pula beberapa rumah yang terancam ambles tergerus longsor.

Salah satunya kediaman Maryani (65) yang tinggal bersama 2 anak dan 3 cucunya yang masih kecil. Rumah janda renta itu kini hanya berjarak sekira 1 meter dari tebing yang longsor.

Bukan tidak mungkin, jika hujan deras kembali melanda maka tebing di sana kembali ambles dan longsor. Hal serupa juga bisa juga terjadi pada deretan rumah di samping kediaman Nenek Maryani.

"Kita sudah pikirkan, bagaimana untuk rumah-rumah terdampak yang ada di bawah tebing dan juga rumah-rumah yang di atas tebing. Memang solusinya itu dibuat turap lebih dulu biar ke depan lebih aman," jelas Ali.

Ditemui terpisah, Nenek Maryani berharap turap segera dibuat oleh Pemkot guna mengantisipasi longsor susulan. Apalagi cuaca saat ini masih terbilang ekstrem karena bisa berubah-ubah setiap saat.

"Saya takut aja kalau hujan lagi, longsor lagi, bisa kena rumah saya. Mudah-mudahan cepet dikerjain turapnya," ucapnya. (*)


Artikel ini telah diterbitkan di halaman SINDOnews.com pada Jum'at, 26 Mei 2023 - 00:40 WIB oleh Hambali dengan judul "Tebing Rawan Longsor di Muncul Tangsel, Ratusan KK Terancam".

 

 

Editor : Syahrir Rasyid

Follow Berita iNews Serpong di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut