get app
inews
Aa Read Next : Juni 2024, Ruang Perkantoran ASN di IKN Siap Digunakan

IKN Nusantara Dikunjungi 130 Lebih Pejabat dan Pengusaha Singapura, Ingin Jajaki Peluang Bisnis

Kamis, 01 Juni 2023 | 10:12 WIB
header img
Sebanyak 130 lebih pejabat dan pengusaha Singapura berkunjung ke IKN Nusantara untuk menjajaki peluang bisnis (Foto : Reuters)

JAKARTA, iNewsSerpong.id - Ingin jajaki peluang bisnis, delegasi Singapura terdiri atas para pejabat pemerintah dan pengusaha berkunjung ke Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara.

Duta Besar RI untuk Singapura Suryo Pratomo mengatakan kepada surat kabar The Straits Times, kunjungan tersebut merupakan hasil kerja sama berbagai lembaga kedua negara.

Selain itu, juga tindak lanjut dari pertemuan Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan Perdana Menteri Lee Hsien Loong pada Maret lalu.

Misi Pengusaha Singapura

Lebih dari 130 pejabat pemerintah dan pengusaha di bidang energi, transportasi, logistik, properti, dan keuangan Singapura melakukan kunjungan 3 hari bertajuk Misi Singapura ke Nusantara, Kalimantan Timur. 

“Pembangunan ibu kota Nusantara ini merupakan proyek terbesar di Asia Tenggara dengan nilai mencapai 32 miliar dolar AS,” ujarnya.

Dia menilai IKN Nusantara bisa menjadi peluang bisnis luar biasa. Pasalnya Pemerintah Indonesia hanya membangun fasilitas gedung dan perkantoran pemerintah.

Sedangkan fasilitas lainnya akan ditawarkan ke pihak swasta, dari dalam maupun luar negeri. Penerbangan khusus disediakan untuk delegasi, termasuk penerbangan Garuda Indonesia langsung dari Singapura ke Balikpapan.

Rombongan tiba di Balikpapan pada Selasa (30/5/2023) dan menghadiri jamuan makan malam oleh Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono.

“Kami mengapresiasi kunjungan sejumlah besar pengusaha dari Singapura,” kata Basuki.

Keesokan hari, rombongan mengunjungi lokasi peoyek disambut Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Pandjaitan. Proyek IKN memiliki luas 2.561 km persegi atau sekitar 3 kali luas Singapura. (*)


Artikel ini telah tayang di www.inews.id dengan judul " 130 Lebih Pejabat dan Pengusaha Singapura Kunjungi IKN Nusantara, Ada Apa? ", Klik untuk baca: https://www.inews.id/news/internasional/130-lebih-pejabat-dan-pengusaha-singapura-kunjungi-ikn-nusantara-ada-apa.

Download aplikasi Inews.id untuk akses berita lebih mudah dan cepat:
https://www.inews.id/apps

Editor : Syahrir Rasyid

Follow Berita iNews Serpong di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut