get app
inews
Aa Read Next : Mahasiswa Wajib Tahu, Begini Cara Hubungi Dosen Lewat WA

8 Fitur untuk Keamanan Pengguna WhatsApp, Salah Satunya Cegah Data Dicuri

Senin, 05 Juni 2023 | 07:11 WIB
header img
Berikut delapan fitur di balik layar yang dapat dimanfaatkan pengguna WhatsApp untuk keamanan. (Foto: Reuters)

JAKARTA, iNewsSerpong.id - WhatsApp (WA) merupakan aplikasi yang paling banyak digunakan orang untuk dapat terhubung dengan teman, rekan kerja dan keluarga. Untuk melindungi pengguna, WhatsApp mengaktifkan enkripsi end-to-end secara default untuk semua pesan dan panggilan pribadi. 

Artinya, hanya Anda dan lawan bicara yang dapat mengakses isi percakapan. Bahkan, WhatsApp sendiri tidak dapat mengaksesnya. 
 

Untuk keamanan pengguna, WhatsApp baru saja meluncurkan Pusat Keamanan global baru untuk mempelajari lebih lanjut tentang cara melindungi diri dari penipuan, spam, dan kontak yang tidak diinginkan. Sebab itu, kenali beberapa fitur keamanan dan teknologi di balik layar yang disediakan WhatsApp.

Apa sajakah itu. Berikut delapan fitur yang dapat dimanfaatkan pengguna WhatsApp untuk keamanan.

1. Aktifkan verifikasi dua langkah

Mengaktifkan verifikasi dua langkah dapat membuat akun Anda menjadi lebih aman. Setelah diaktifkan, Anda akan diminta untuk memasukkan PIN 6 digit saat mengatur ulang atau memverifikasi akun Anda. Langkah ini bertujuan melindungi akun Anda dari serangan phishing dan upaya pengambilalihan akun oleh penipu.

2. Lapor dan blokir pesan yang mencurigakan

Apakah Anda pernah menerima pesan mencurigakan dari nomor tidak dikenal yang meminta informasi pribadi? Kini, WhatsApp menyediakan cara yang mudah untuk melaporkan dan memblokir akun yang bermasalah untuk menjaga keamanan platform ini. Setelah Anda melaporkan kontak, bisnis, atau pesan tertentu, WhatsApp akan menerima lima pesan terakhir dari percakapan tersebut dan dapat memblokir akun tersebut apabila terbukti melanggar Ketentuan Layanan.

Selain itu, Anda juga dapat dengan mudah memblokir akun yang mengirim pesan yang tidak diinginkan. Kontak yang telah diblokir tidak dapat lagi menelepon atau mengirim pesan kepada Anda.

Editor : Syahrir Rasyid

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut