get app
inews
Aa Read Next : Mahasiswa Wajib Tahu, Begini Cara Hubungi Dosen Lewat WA

8 Fitur untuk Keamanan Pengguna WhatsApp, Salah Satunya Cegah Data Dicuri

Senin, 05 Juni 2023 | 07:11 WIB
header img
Berikut delapan fitur di balik layar yang dapat dimanfaatkan pengguna WhatsApp untuk keamanan. (Foto: Reuters)

7. Periksa perangkat tertaut secara rutin

Periksa seluruh perangkat yang tertaut dengan akun WhatsApp Anda secara rutin. Fitur ini akan menampilkan daftar semua perangkat yang telah mengakses Akun Anda. Jika Anda menemukan perangkat yang tidak Anda kenali, segera keluar dari perangkat tersebut. 

Jika Anda mencurigai seseorang telah menggunakan akun Anda melalui WhatsApp Web/Desktop, maka Anda dapat langsung keluar dari semua komputer dari ponsel Anda.

8. Atasi misinformasi dengan memeriksa fakta di aplikasi

Jika Anda menerima pesan yang terdengar mencurigakan atau tidak akurat, Anda dapat memverifikasi informasi tersebut dengan akun International Fact Checking Networks (IFCN) di WhatsApp. WhatsApp telah bermitra dengan 50 organisasi pemeriksa fakta di seluruh dunia untuk memastikan bahwa pengguna WhatsApp memiliki akses ke informasi yang akurat. 

Sebagai pengguna, Anda dapat melaporkan kemungkinan adanya kesalahan informasi kepada organisasi-organisasi tepercaya ini, mendapatkan fakta yang Anda perlukan, dan mencegah penyebaran berita palsu.

Perlindungan akun di WhatsApp

WhatsApp baru-baru ini menambahkan sejumlah langkah keamanan di balik layar tambahan untuk menjaga agar percakapan Anda tetap terlindungi. Salah satu langkah tersebut adalah perlindungan akun, yang akan memberi peringatan jika ada percobaan tidak sah untuk memindahkan akun Anda ke perangkat lain. Ini mencakup permintaan verifikasi ketika ada upaya masuk dari perangkat lama Anda sebagai langkah keamanan tambahan.

Anda juga dapat mengunci akun WhatsApp Anda dengan sidik jari atau ID wajah sebagai langkah privasi tambahan. Untuk menggunakan fitur ini, Anda dapat dengan mudah menambahkan biometrik Anda di pengaturan privasi aplikasi. 

(*)

Editor : Syahrir Rasyid

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut