get app
inews
Aa
Read Next : Hilang di Hotel, Cincin Seharga Rp12 Miliar Ditemukan dalam Vacuum Cleaner

Intip Perkembangan Teknologi Vacuum Cleaner, Midea Kembangkan Teknologi Baru

Senin, 05 Juni 2023 | 13:31 WIB
header img
Intip perkembangan teknologi vacuum cleaner, Midea kembangkan teknologi baru. Foto: Ist

JAKARTA, iNews.id - Penyedot debu alias vacuum cleaner adalah perangkat yang menggunakan pompa udara untuk menghisap kotoran. Teknologi ini sebenarnya telah mengalami perkembangan selama lebih dari seratus tahun.

Pada tahun 1899, John Thurman menciptakan vacuum cleaner yang menggunakan tenaga bensin. Beberapa sejarawan menganggapnya sebagai vacuum cleaner bermotor pertama. 

Mesin Thurman tersebut dipatenkan pada tanggal 3 Oktober 1899. Namun, meskipun begitu, pembersih vakum versi awal ini memiliki ukuran besar, berisik, berbau, dan secara komersial tidak berhasil.

Pada tahun 1907, James Spangler, seorang petugas kebersihan di sebuah toko departemen di Canton, Ohio, menyadari bahwa penyapu karpet adalah penyebab batuk kronisnya. 

Oleh karena itu, Spangler mengambil motor kipas lama dan memasangkannya ke sebuah kotak sabun yang diikat ke gagang sapu. Dengan menambahkan sarung bantal sebagai penampung debu, Spangler menciptakan vacuum cleaner portabel dan listrik yang baru. 

Dia kemudian memperbaiki desain dasarnya dengan menambahkan tas saringan kain dan alat pembersih. Pada tahun 1908, ia menerima paten atas penemuannya tersebut.

Editor : Sazili Mustofa

Follow Berita iNews Serpong di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut