get app
inews
Aa Text
Read Next : Denza D9 Segera Mengaspal di Indonesia, Mobil Mewah BYD Hasil Kolaborasi Dengan Mercedes-Benz  

Disdukcapil Kota Tangerang Buka Booth Layanan di Mal

Senin, 10 Januari 2022 | 15:02 WIB
header img
Kepala Bidang Pelayanan Pendaftaran Penduduk, Disdukcapil, Kota Tangerang, Sri Warsini. (tangerangkota.go.id)

TANGERANG, iNews.Serpong.id — Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kota Tangerang membuka Booth Layanan Dukcapil di Pusat Perbelanjaan atau Mal. Di antaranya, di Tangcity Mall dan Icon Walk Mall serta di Mal Pelayanan Publik (MPP) Kota Tangerang. Layanan ini dibuka untuk mempermudah masyarakat dalam pengurusan administrasi kependudukan.

Kepala Bidang Pelayanan Pendaftaran Penduduk, Disdukcapil, Kota Tangerang, Sri Warsini mengungkapkan, ini pengembangan layanan. Sebelumnya di tiga lokasi tersebut telah disediakan Anjungan Dukcapil Mandiri (ADM).

“Kalau sebelumnya, ADM hanya melayani pengambilan atau pencetakan KTP dan KIA. Sekarang lewat Booth Layanan Dukcapil, semua layanan administrasi kependudukan telah tersedia. Terlebih, dipasangnya dua petugas di masing-masing lokasi untuk memberikan layanan tatap muka sehingga mempermudah mereka yang kesulitan mengikuti proses online,” tutur  Sri, Senin (10/1/21), superti dilansir dari laman tangerangkota.go.id.

Ia menjelaskan, sebagai tahap uji coba kuota 30 pemohon setiap hari. Dibuka setiap Senin hingga Jumat, pukul 11.00 – 16.00 wib. Booth Layanan Dukcapil memberikan layanan Kartu Keluarga, KTP Elektronik, Kartu Identitas Anak, Pindah dan Datang Penduduk, Akta Kelahiran.

“Ini sebagai tahap uji coba. Disdukcapil sedang membuat skema Booth Layanan Dukcapil juga dibuka pada Sabtu dan Minggu. Bahkan, karena ini di mal, nantinya Sabtu Minggu menjadi hari wajib buka dibanding hari kerja sehingga bisa diburu mereka yang liburan di mal atau mereka yang kesulitan urus dokumentasi di hari kerja,” ujar Sri.

Kata Sri, secara aturan semua persyaratan sama seperti pelayanan di kelurahan, kecamatan, kantor Dukcapil atau melalui online. Tidak lagi dibutuhkan surat pengantar RT-RW, kecuali mereka yang tidak punya dokumentasi kependudukan sama sekali.

“Secara SOP untuk KK akan selesai empat hari kerja, e-KTP dan KIA rusak atau hilang bisa langsung jadi, Surat Pindah dan Datang Penduduk juga langsung jadi. Akta Kelahiran juga langsung jadi,” kata Sri.

Ia berharap, lewat Booth Layanan Dukcapil ini dapat mempermudah dan memperluas pilihan masyarakat dalam memilih proses pengurusan administrasi kependudukan. “Bisa urus adminduk sambil belanja sehingga perekonomian juga meningkat. Selain itu, urus adminduk jadi gak bosan karena bisa sambil jalan-jalan,” tutur Sri.

Editor : Burhan

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut