get app
inews
Aa Read Next : Cara Daftar dan Syarat Kartu Kuning Terbaru Lewat Online dan Offline, Pencari Kerja Wajib Tahu!

Contoh Melamar Kerja Lewat Email yang Baik dan Benar

Rabu, 14 Juni 2023 | 19:19 WIB
header img
Cara Melamar Kerja Lewat Email (Foto: Courtneyk/Getty Images)

JAKARTA, iNewsSerpong.id - Simak cara melamar kerja lewat email yang baik dan benar beserta contohnya. Cara melamar kerja lewat email haruslah diperhatikan dengan benar supaya kamu diterima di perusahaan impian.

Melamar kerja lewat email adalah salah satu cara yang paling efisien. Meski cara melamar pekerjaan lewat email terbilang praktis, mudah, dan cepat, kamu tetap harus memperhatikan beberapa hal.

Lantas, bagaimana cara melamar kerja lewat email yang baik dan benar? Berikut lima cara melamar kerja lewat email.

5 Cara Melamar Kerja Lewat Email yang Baik dan Benar

1. Siapkan Dokumen yang Diperlukan

Cara mengirim lamaran kerja lewat email adalah mempersiapkan terlebih dahulu beberapa berkas lamaran kerja. 

Pastikan agar dokumen yang diperlukan sudah kamu siapkan sesuai dengan kebutuhan perusahaan. Dokumen-dokumen yang diperlukan antara lain surat lamaran kerja, CV lamaran kerja, hingga yang lainnya.

Daftar berkas lamaran kerja via email:

-Surat lamaran kerja
-CV yang baik dan menarik
-Scan ijazah, daftar nilai, kartu identitas, sertifikat, dan pas foto terbaru

Pastikan kalau file yang kamu kirimkan ukurannya tidak terlalu kecil atau besar. Selain itu, tidak mengedit atau mengubah file asli. Kemudian, pastikan format file sesuai dengan apa yang perusahaan minta, seperti doc, pdf, atau jpg.

2. Gunakan Alamat Email yang Profesional

Cara melamar kerja lewat email adalah harus menggunakan alamat email yang profesional. Biasakan untuk menggunakan nama dan alamat email yang sesuai dengan nama lengkap kamu saat melamar pekerjaan.

Hindari menggunakan nama alias atau kata tambahan pada email. Jika kamu belum memiliki email dengan nama kamu, buatlah email baru menggunakan akun Gmail atau Yahoo. Jangan khawatir, kamu dapat dengan mudah membuat email dari HP.

3. Mengikuti Standar Pengiriman

Ada beberapa standar dalam cara membuat lamaran kerja lewat email dan pengiriman surat lamaran kerja. Hal tersebut meliputi nama penerima email yang dituju, cc penerima, subjek, isi email, dan lampiran yang benar.

Tulis nama penerima dengan formal dan penulisan yang benar, cc pada email lain jika perusahaan meminta. Kemudian beri subjek sesuai dengan posisi pekerjaan yang hendak kamu lamar atau ikuti perintah yang perusahaan berikan.

Jangan lupa mengisi badan email dengan formal dan melampirkan (attachment) dokumen-dokumen pendukung.

4. Mengirim Berkas Tidak dalam Format Zip/Rar

Pastikan file berkas lamaran yang sudah kamu siapkan tidak dalam format zip atau rar, ya. Pasalnya, bentuk zip dan rar adalah bentuk file kompresi yang memungkinkan sejumlah file dikumpulkan menjadi satu dengan ukuran yang lebih kecil.

Selain itu, hal tersebut akan mempersulit seorang HRD atau recruiter untuk mengubah file berkas lamaranmu.

5. Menggunakan Bahasa Resmi

Jangan lupa memerhatikan penggunaan bahasa dalam email lamaran pekerjaan. Gunakanlah bahasa resmi atau formal baik dalam bahasa Indonesia maupun bahasa Inggris.

Tentunya kamu harus menghindari penggunaan bahasa yang kurang sopan atau tidak resmi seperti bahasa yang dipakai dalam keseharian dengan teman sebaya.

Perhatikan juga tanda baca dan penggunaan huruf kapital seperti pada nama perusahaan, nama kamu, dan nama HRD atau recruiter yang kamu tuju.

Pastikan bahwa penulisanmu tidak ada kesalahan, karena kesalahan tersebut dapat memberikan kamu kesan tidak teliti.
 

Editor : Syahrir Rasyid

Follow Berita iNews Serpong di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut