get app
inews
Aa Read Next : Marcell Siahaan Bebaskan Anak, Tanpa Paksaan Ikut Jejaknya Sebagai Mualaf

Kisah Mualaf Willy Dozan, Mendapatkan Hidayah Islam saat Menjadi Pendekar Santri

Selasa, 20 Juni 2023 | 09:44 WIB
header img
Artis Willy Dozan menjadi mualaf menginspirasi banyak orang. Foto: Instagram

JAKARTA, iNews.id - Kisah Willy Dozan yang menjadi mualaf dapat menginspirasi banyak orang. Sebelumnya, ia dikenal sebagai seorang artis senior yang sering berakting dalam film dan serial laga. Bahkan, beberapa karyanya, seperti sinetron 7 Manusia Harimau yang ditayangkan di RCTI, menjadi tayangan hiburan paling populer di Indonesia.

Tidak disangka, ternyata Willy Dozan adalah seorang mualaf. Ia sebelumnya adalah penganut agama yang taat, namun dengan izin Allah Subhanahu wa ta'ala, Willy mendapat hidayah dan memutuskan untuk memeluk agama Islam.

Willy Dozan mengatakan bahwa ia pertama kali mengenal ajaran agama Islam ketika masih kecil. Saat itu, ia tinggal di Magelang, Jawa Tengah, di mana sebagian besar lingkungan sekitarnya adalah Muslim. Meskipun saat itu ia belum menjadi seorang Muslim, Willy sering ikut ke masjid.

Pada awal tahun 1980-an, Willy Dozan tinggal di luar negeri, seperti Hong Kong, Jepang, Taiwan, dan Amerika Serikat. Teman-temannya saat itu biasa mengonsumsi daging babi.

Ketika hidangan daging babi disajikan, Willy justru tidak memakannya. Ia mengatakan bahwa sejak dulu ia tidak menyukai daging babi. Melihat bahwa Willy tidak makan makanan tersebut, teman-temannya mengira bahwa ia seorang Muslim.

Kemudian, pada tahun 1988, ketika berusia 31 tahun, saat ia berperan dalam film laga yang berjudul 'Pernikahan Berdarah', Willy Dozan masih seorang Nasrani. Namun, dalam peran tersebut, ia harus memerankan seorang pendekar yang berasal dari pesantren dan harus bisa mengaji serta mengucapkan dua kalimat syahadat.

"Waktu itu saya masih Nasrani. Cuma saya berperan sebagai pendekar yang berasal dari pesantren dan harus bisa mengaji, serta mengucapkan dua kalimat syahadat," ujar Willy Dozan saat dihubungi oleh MNC Portal, beberapa waktu lalu.

Editor : Sazili Mustofa

Follow Berita iNews Serpong di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut