get app
inews
Aa Read Next : Mudah dan Praktis, Pakai Aplikasi Vision+ untuk Nonton Indonesia vs Uzbekistan Malam ini

5 Fakta tentang Orang Terkaya di Indonesia yang Dulunya Hidup Susah dan Cerita Kesuksesannya

Jum'at, 23 Juni 2023 | 09:50 WIB
header img
Chairul Tanjung dan Eka Tjipta Widjaja termasuk deretan orang terkaya di Indonesia yang dulunya hidup susah. Foto: Kolase iNews.id

JAKARTA, iNews.id – Ada lima pengusaha sukses di Indonesia yang sebelumnya menghadapi kesulitan hidup, dan kisah mereka dapat menjadi inspirasi.

Sebagai pengusaha sukses, mereka tentu menyadari pentingnya mengevaluasi kemampuan diri terlebih dahulu, memahami sifat-sifat dan keterampilan yang diperlukan sebagai modal untuk menjadi seorang pengusaha.

Berikut ini adalah cerita sukses dan fakta mengenai lima orang terkaya di Indonesia yang sebelumnya mengalami kesulitan hidup:

1. Chairul Tanjung

Pria kelahiran Jakarta, 16 Juni 1962 adalah pemilik sekaligus Komisaris Utama Para Group.

Meski terlahir dari keluarga yang cukup berada, karena perubahan keadaan politik, keluarganya terpaksa menjalani kehidupan seadanya. Dari rumah yang tergolong besar, mereka harus menjualnya, dan menyewa sebuah losmen sempit.

CT pun mulai berdagang, dari berjualan buku kuliah stensilan, kaos, sepatu, dan aneka barang lain di kampus dan kepada teman-temannya.

Dari modal usaha itu, dia berhasil membuka sebuah toko peralatan kedokteran dan laboratorium di daerah Senen Raya, Jakarta. Sayangnya karena sering memberi fasilitas kepada rekan kuliah, serta sering mentraktir teman, usaha itu bangkrut.

2. Eka Tjipta Widjaja

Pendiri Sinar Mas Group Eka Tjipta Widjaja merambah usahanya dimulai saat usia 15 tahun. Tak heran, bila Eka Tjipta menduduki posisi ketiga orang terkaya di Indonesia.

Beragam bisnis telah digeluti pria ini. Salah satunya menjajakan biskuit dan permen dengan mengendarai sepeda ke penjuru kota Makassar, Sulawesi Selatan, 3 Oktober 1938.

Editor : Sazili MustofaEditor Jakarta

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut