get app
inews
Aa Read Next : Ada yang Dicampur Jari Kaki Manusia, Inilah 10 Minuman Teraneh di Dunia

Sungguh Aneh, Aturan Sekolah tidak Boleh Tunjukkan Prestasi

Kamis, 29 Juni 2023 | 16:28 WIB
header img
Peraturan sekolah paling aneh di dunia. Larangan bertanya (Foto: Istimewa)

JAKARTA, iNewsSerpong.id - Ada sejumlah peraturan sekolah paling aneh di dunia. Meskipun setiap pemerintah memiliki peraturan yang harus diikuti oleh sekolah, tetapi ada beberapa aturan khusus yang berlaku di setiap sekolah.

Tentu saja, tidak semua sekolah menerapkan peraturan yang serupa, karena setiap sekolah memiliki kebijakan yang unik. Beberapa peraturan yang aneh ini benar-benar ada dan bahkan diterapkan di beberapa negara.

Berikut adalah beberapa negara di dunia yang menerapkan peraturan sekolah yang paling aneh dan terkesan tidak masuk akal.

7 Peraturan Sekolah Paling Aneh di Dunia

1. Larangan Memiliki Sahabat

Hampir setiap individu membutuhkan seorang teman dekat yang bisa diandalkan sebagai teman curhat atau teman setia dalam segala situasi. Namun, aturan di Thomas's Battersea School di London, Inggris memiliki kebijakan yang berbeda.

Sekolah tersebut melarang murid-muridnya untuk memiliki teman dekat dengan alasan menjaga perasaan teman-teman lainnya.

2. Larangan Bertanya

Secara umum, kita diharapkan aktif dalam kelas dengan memberikan respons atau mengajukan pertanyaan kepada guru saat proses pembelajaran berlangsung. Bahkan jika tidak ada yang bertanya, guru akan mendorong kita untuk berpartisipasi dan memberikan tanggapan terhadap materi yang diajarkan.

Namun, keadaannya berbeda di Samworth Church Academy di Mansfield, UK. Di sekolah ini, siswa-siswi dilarang untuk bertanya atau menjawab pertanyaan. 

Kebijakan ini diambil karena pada awalnya hanya beberapa siswa yang aktif, sehingga tidak mendorong siswa lainnya untuk berpartisipasi secara aktif.

3. Larangan Menunjukan Prestasi

Saat bersekolah, seringkali kita berkompetisi untuk meraih prestasi yang membanggakan sekolah. Namun, sekolah-sekolah di Inggris melarang siswa-siswinya untuk meraih kemenangan.

Kebijakan ini bertujuan agar tidak ada rasa iri di antara teman sekelas terkait prestasi yang diraih. Namun, secara diam-diam, para guru akan mengirimkan penghargaan prestasi para murid kepada orang tua mereka di sekolah.

4. Saus Tomat Dilarang di Kantin

Di Prancis, kantin-kantin di sekolah dan kampus dilarang menyediakan saus tomat karena tingginya kandungan gula di dalamnya. Selain itu, siswa juga hanya diperbolehkan menikmati kentang goreng sekali dalam seminggu dan dilarang membawa makanan cepat saji ke dalam lingkungan sekolah.

Menariknya, para siswa taat pada peraturan tersebut tanpa adanya protes terhadap kebijakan sekolah.

5. Izin ke Toilet Dibatasi

Bagi beberapa siswi, kadang-kadang mereka menggunakan waktu di toilet untuk berbincang-bincang atau menghindari jam pelajaran. Namun, peraturan di Evergreen High School di Chicago sangat ketat dalam hal penggunaan toilet.

Para siswa hanya diperbolehkan pergi ke toilet selama tiga kali selama satu semester, dan hanya saat jam pelajaran berlangsung. Hal ini bertujuan untuk mencegah siswa melewatkan pelajaran. 

Jika mereka melewatkan pelajaran, konsekuensinya adalah mereka harus mengejar materi yang terlewat dengan mencari waktu untuk mendengarkan penjelasan materi tersebut.

6. Perbedaan Kantin

Di China, ada peraturan yang mengharuskan adanya perbedaan antara kantin siswa pria dan siswi di sebuah sekolah menengah di provinsi Sha'anxi pada tahun 2016. Tujuan dari peraturan ini adalah untuk mencegah terbentuknya hubungan romantis di antara siswa-siswi di sekolah. Menurut kepala sekolah, beberapa siswa terkadang menunjukkan perilaku yang tidak pantas ketika mereka berpacaran, dan hal ini dapat mempengaruhi siswa lainnya.

Editor : Syahrir Rasyid

Follow Berita iNews Serpong di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut