get app
inews
Aa Read Next : Ini Fungsi Fitur IEP dan IEV pada Sistem Perdagangan Bursa yang Diluncurkan BEI

Investor Pasar Modal Indonesia Tembus 10,3 Juta, Salah Satu yang Terbesar di ASEAN

Rabu, 05 Juli 2023 | 15:25 WIB
header img
Jumlah investor pasar modal Indonesia salah satu yang terbesar di ASEAN. (Foto : Ist)

JAKARTA, iNewsSerpong.id - Bursa Efek Indonesia ( BEI ) mencatat investor di pasar modal Indonesia naik menjadi 10,3 juta sepanjang 2022. Jumlah investor pasar modal Indonesia salah satu yang terbesar di ASEAN.

Direktur Utama BEI Iman Rachman mengatakan, meski secara jumlah emiten masih di bawah Malaysia, terkait trading harian indeks harga saham gabungan (IHSG) justru Indonesia juga masih besar di ASEAN.

"Jadi dibanding bursa yang lain kita cukup besar. Tahun lalu IHSG kita positif, termasuk yang sedikit di dunia termasuk ASEAN, karena yang lainnya negatif.

Nah ini mungkin suatu gambaran bahwa kita punya potensi untuk bersaing," ungkap Iman usai menghadiri Grand Launching CGS-CIMB ASEAN Investment Challenge 2023, Selasa (4/7/2023).

Sektor Jasa Keuangan Stabil

Dalam kesempatan yang sama, Kepala Eksekutif Pengawas Perilaku Usaha Jasa Keuangan, Edukasi & Perlindungan Konsumen Otoritas Jasa Keuangan Friderica Widyasari Dewi mengungkapkan bahwa dengan tren jumlah investor yang meningkat, menandakan bahwa kondisi sektor jasa keuangan masih stabil.

"Artinya negara di luar menghadapi gejolak yang berbeda dengan indonesia, sementara di kita insya Allah kondisinya sangat baik. Kalau terjadi guncangan di sektor jasa keuangan masih sangat baik," kata Kiki.

Berdasarkan data, lebih dari 57% investor di bursa telah didominasi oleh anak-anak muda. Sedangkan berdasarkan data jumlah investor di ASEAN, jumlah investor di Indonesia masih perlu ditingkatkan jika dibandingkan dengan negara di ASEAN lainnya.

Menurut Kiki (sapaan Friderica), jumlah investor yang didominasi generasi muda ini harus terus dibimbing dengan menggalakkan edukasi, karena secara umur mereka cukup menggeser angka jumlah investor dengan umur dewasa.

"Kalau dihubungkan sama event kita hari ini tentunya sangat kontekstual karena mereka belajar investasi di ekonomi indonesia yang akan terus bertumbuh," ujar Kiki. (*)

Artikel ini telah diterbitkan di halaman SINDOnews.com pada Selasa, 04 Juli 2023 - 18:59 WIB oleh Anggie Ariesta dengan judul "Tembus 10,3 Juta, Jumlah Investor Pasar Modal RI Salah Satu yang Terbesar di ASEAN".

Editor : Syahrir Rasyid

Follow Berita iNews Serpong di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut