get app
inews
Aa Read Next : 9 Makanan ini Membuat Korean Mart Makin Eksis di Indonesia

Bikin Nyeri Hebat, Hindari Makanan Pantangan Asam Urat

Rabu, 05 Juli 2023 | 16:36 WIB
header img
Makanan pantangan asam urat sebaiknya dihindari. Meski terasa enak, makanan ini mengandung tinggi purin yang bisa menyebabkan nyeri sendi tak tertahankan. Foto/Getty Images

JAKARTA, iNewsSerpong.id - Makanan pantangan asam urat sebaiknya dihindari. Meski terasa enak, makanan ini mengandung tinggi purin yang bisa menyebabkan nyeri sendi tak tertahankan.

Asam urat merupakan radang sendi yang menyebabkan serangan radang sendi yang parah dan tiba-tiba. Penyakit ini menimbulkan gejala sendi bengkak dan terasa hangat saat disentuh.

Dilansir dari Express, Selasa (4/7/2023) salah satu bagian tubuh yang sering mengalami asam urat adalah persendian di jempol kaki. Namun, bisa juga muncul di pergelangan kaki, lutut, siku, tangan atau pergelangan tangan.

Serangan asam urat yang tiba-tiba akan menyebabkan nyeri hebat dan pembengkakan pada persendian, yang dapat membengkak dan memerah. Selain karena makanan, asam urat juga bisa diidap karena faktor genetik.

Makanan tertentu yang kaya purin lebih baik ditinggalkan dari menu makan malam jika Anda memiliki kecenderungan genetik untuk asam urat. Adapun makanan tersebut meliputi jeroan seperti hati dan ginjal.

Selain itu, penderita asam urat juga penting untuk menhindari daging merah, seperti daging sapi dan babi. Terakhir adalah berbagai jenis kerang, dan tiram.

Serangan asam urat juga bisa dipicu oleh konsumsi alkohol karena meningkatkan asam urat dalam tubuh. Sekitar 90 persen penderita asam urat menyerap kembali terlalu banyak asam urat di ginjal mereka karena faktor genetik.

Orang yang mengalami penurunan fungsi ginjal, karena tekanan darah tinggi atau diabetes, misalnya, juga lebih rentan terhadap kadar asam urat yang tinggi dalam darah. Berikut faktor risiko asam urat.

1. Kegemukan
2. Obat diuretik
3. Resistensi insulin
4. Gagal jantung kongestif
5. Sindrom metabolik
6. Penyakit ginjal.

(*)

Editor : Syahrir Rasyid

Follow Berita iNews Serpong di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut