get app
inews
Aa Read Next : Mudik Lebaran 2024 : 8 Penyakit yang Rentan Serang Pemudik, Tetap Waspada

Benjolan Diketiak Sakit Bila Ditekan, Waspada Boleh Jadi Pertanda Penyakit ini

Rabu, 26 Juli 2023 | 08:15 WIB
header img
Ilustrasi benjolan di ketiak sakit bila ditekan. (foto: Istimewa)

JAKARTA, iNewsSerpong.id - Benjolan di ketiak sakit bila ditekan kerap dialami oleh beberapa orang. Dilansir dari Healthline, benjolan di ketiak disebabkan adanya pertumbuhan jaringan yang tidak normal.

Benjolan di ketiak sebenarnya tidak berbahaya, namun bila terasa sakit saat ditekan bisa dikaitkan dengan masalah serius. Untuk itu, ketika benjolan semakin sakit dan mengganggu sebaiknya konsultasikan ke dokter.

Lantas sebenarnya apa sih penyebab benjolan di ketiak terasa sakit? Dilansir dari Healthline, ada beberapa penyebabnya. Berikut rangkumannya, Selasa (25/7/2023).

Benjolan di ketiak sakit bila ditekan: 

1. Kelenjar getah bening yang membesar
Benjolan di ketiak sakit bila ditekan bisa jadi karena ada masalah di kelenjar getah benin. Kelenjar ini adalah struktur kecil di dalam sistem limfatik tubuh, termasuk di bawah lengan di area sekitar ketiak. Kelenjar getah bening memiliki peran dalam menjaga sistem kekebalan tubuh. Ketika tubuh terkena virus atau bakteri, kelenjar getah bening akan membengkak dan menimbulkan benjolan di ketiak.

2. Infeksi dan virus bakteri
Benjolan di ketiak muncul juga bisa diakibatkan adanya virus dan bakteri di dalam tubuh. Biasanya benjolan tersebut akan berwarna merah dan terasa sakit saat disentuh.

3. Penyakit autoimun

Benjolan di ketiak sakit bila ditekan bisa jadi pertanda penyakit autoimun. Penyakit ini bisa menurunkan sistem kekebalan tubuh, sehingga muncul peradangan yang membuat kelenjar getah bening meningkat.

Editor : Syahrir Rasyid

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut