get app
inews
Aa Read Next : Aion Mobil Listrik Baru dari China, Siap Jajal Pasar Otomotif Indonesia  

8 Kesepakatan Hasil Pertemuan Presiden Jokowi dan Xi Jinping, Termasuk Soal IKN

Jum'at, 28 Juli 2023 | 08:59 WIB
header img
Pertemuan antara Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan Presiden China, XI Jinping membuahkan delapan kesepakatan, Kamis (27/7/2023). (Foto : Setpres)

JAKARTA, iNewsSerpong.id - Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan Presiden China, XI Jinping membuahkan delapan kesepakatan, Kamis (27/7/2023). Salah satunya soal Ibu Kota Nusantara (IKN).

Kunjungan Presiden Jokowi ke Chengdu, China juga bagian dari memenuhi undangan Xi Jinping. Kunjungan ini juga bertepatan dengan 10 tahun kemitraan strategis komprehensif Indonesia-China.

"Kunjungan Bapak Presiden ke Chengdu menghasilkan 8 kesepakatan yaitu pertama plan of action dari MoU kesehatan," ujar Menteri Luar Negeri (Menlu) Retno Marsudi, Jumat (28/7/2023).

Pasar Produk Pertanian

Kedua, soal protokol pembukaan akses pasar produk pertanian tepung porang. Ketiga, mengenai protokol pembukaan akses pasar produk pertanian, bubuk tabasyin.

"Keempat MoU riset dan pengembangan industri plant breeding dan budi daya laut. Kelima MoU kerja sama saling tukar pengetahuan dan pengalaman untuk pembangunan IKN," ucapnya.

"Keenam MoU kerja sama two countries, ketujuh MoU kerja sama ekonomi dan teknis, dan ke-8 MoU kerja sama pendidikan bahasa Mandarin," ujarnya.

Editor : Syahrir Rasyid

Follow Berita iNews Serpong di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut