get app
inews
Aa Read Next : Mudik Lebaran 2024 : Ini Lokasi Stasiun Charging di Sepanjang Tol Trans Jawa

Tarif Pengisian Listrik SPKLU dari Rp25.000 hingga Rp57.000, Aturan Diterbitkan ESDM

Kamis, 03 Agustus 2023 | 05:00 WIB
header img
ESDM terbitkan tarif pengisian listrik SPKLU dari Rp25.000 hingga Rp57.000. (Foto : MPI/Isty Maulidya)

JAKARTA, iNewsSerpong.id - Secara resmi tarif layanan pengisian listrik pada Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU), sudah diatur Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM).

Ketentuan itu tertuang dalam Keputusan Menteri ESDM Nomor 182.K/TL.04/MEM.S/2023 tentang Biaya Layanan Pengisian Listrik pada SPKLU.

Hal itu sesuai dengan ketentuan Peraturan Menteri ESDM Nomor 01 Tahun 2023 tentang Penyediaan Infrastruktur Pengisian Listrik Untuk Kendaraan Bermotor Listrik Berbasis Baterai (KBLBB).

Badan Usaha SPKLU

"Pemilik kendaraan listrik dapat dikenai biaya layanan pengisian listrik untuk setiap satu kali pengisian listrik pada SPKLU Fast Charging atau Ultrafast Charging," ungkap Direktur Jenderal Ketenagalistrikan Jisman Hutajulu.

Seperti diketahui, teknologi pengisian pada SPKLU untuk kendaraan beroda empat atau lebih meliputi: Teknologi Pengisian Lambat (Slow Charging), Teknologi Pengisian Menengah (Medium Charging), Teknologi Pengisian Cepat (Fast Charging), dan Teknologi Pengisian Sangat Cepat (Ultrafast Charging).

Tarif tenaga listrik diberlakukan untuk pengisian listrik dari Badan Usaha SPKLU kepada pemilik KBLBB sesuai dengan tarif tenaga listrik untuk keperluan layanan khusus (L) menggunakan faktor pengali N paling tinggi 1,5 (satu koma lima) dan merupakan biaya pembelian tenaga listrik atau energy charge (kWh).

Editor : Syahrir Rasyid

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
gaada
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut