get app
inews
Aa Read Next : Jangan Anggap Enteng, 3 Cara Merawat Rem Sepeda Motor agar Bekerja Optimal

Mudik Lebaran 2024 Aman, PLN Pastikan SPKLU Beroperasi Secara Optimal  

Minggu, 24 Maret 2024 | 05:18 WIB
header img
PLN memastikan seluruh Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU) siap beroperasi sepanjang mudik Lebaran 2024. (Foto: Instagram PLN)

JAKARTA, iNewsSerpong.id – Sepanjang masa mudik Lebaran 2024. PT PLN (Persero) memastikan bahwa seluruh Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU) beroperasi optimal.

Direktur Utama PLN Icon Plus, Ari Rahmat Indra Cahyadi, menyatakan bahwa sebagian besar SPKLU terdapat di rest area. Semua SPKLU tersebut telah dipersiapkan untuk beroperasi dengan berbagai tipe pengisian daya.

"SPKLU disiapkan terutama di lokasi-lokasi rest area yang akan membantu para pemudik dalam menggunakan kendaraan listrik," kata Ari Rahmat di Jakarta Selatan, Jumat (15/3/2024).

Sebanyak 600 SPKLU

Saat ini, PLN melalui subholding PT Indonesia Comnets Plus (PLN Icon Plus) mengelola lebih dari 600 SPKLU. Dari jumlah tersebut, konsumsi listrik yang diserap oleh kendaraan listrik (EV) sepanjang tahun 2023 mengalami peningkatan yang signifikan.

"Akun terus memantau kesiapan seluruh SPKLU yang siaga 24 jam. Jika ada yang mengalami masalah, tim akan langsung dikirim ke lokasi untuk melakukan penyelidikan. Misalnya, jika terjadi masalah konektivitas, akan segera diperbaiki," ujar Ari.

Seluruh SPKLU yang dibangun oleh PLN dijamin melalui sistem pemantauan internal yang beroperasi nonstop 24 jam untuk memastikan ketersediaannya saat dibutuhkan. Setiap SPKLU dilengkapi dengan sistem pemberitahuan otomatis jika terjadi kerusakan sehingga dapat segera diperbaiki.

"Ini adalah upaya kami dalam mengembangkan ekosistem kendaraan listrik. Jika ada masalah, tim akan segera melakukan perbaikan. Dan jika ada masalah yang terdeteksi melalui pemantauan, personel yang siaga 24 jam di pusat kendali PLN Icon Plus akan segera mengatasi," tambahnya.

Ari menegaskan komitmen PLN untuk mempercepat penggunaan kendaraan listrik di Indonesia, terutama melalui penggunaan kendaraan listrik berbasis baterai untuk keperluan operasional secara bertahap. Terbaru, PLN telah menjalin kerja sama dengan BYD untuk menyediakan 10.000 unit mobil listrik yang akan digunakan sebagai kendaraan komersial. Penyediaan ini akan dilakukan secara bertahap selama 5 tahun. (*)

 



Artikel ini telah tayang di www.inews.id dengan judul " Mobil Listrik Bertambah, PLN Pastikan SPKLU Beroperasi Sepanjang Mudik Lebaran 2024 ", Klik untuk baca: https://www.inews.id/otomotif/aksesoris/mobil-listrik-bertambah-pln-pastikan-spklu-beroperasi-sepanjang-mudik-lebaran-2024.

Download aplikasi Inews.id untuk akses berita lebih mudah dan cepat:
https://www.inews.id/apps

 

 

 

 

Editor : Syahrir Rasyid

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
gaada
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut