get app
inews
Aa Read Next : Jojo Juara Badminton Asia Championship 2024

Hong Kong Open 2023: Apriyani/Fadia dan Jonatan Juara, Leo/Daniel Runner Up

Senin, 18 September 2023 | 07:25 WIB
header img
Ganda putri Indonesia, Apriyani Rahayu/Siti Fadia Silva Ramadhanti (Foto: PBSI)

KOWLOON, iNews.Serpong.id - Dua wakil Indonesia menjuarai Hong Kong Open 2023. Keduanya adalah ganda putri Apriyani Rahayu/Siti Fadia Silva Ramadhanti dan tunggal putra Jonatan Christie. Pasangan ganda putra Leo Rolly Carnando/Daniel Marthin menjadi runner up setelah di final dikalahkan wakil Denmark Kim Astrup/Anders Skaarup Rasmussen dengan skor 10-21, 24-22, dan 19-21. 

Ketiga laga digelar di Hong Kong Coliseum, Kowloon, Minggu (17/9/2023). Apriyani/Fadia mengalahkan pasangan Malaysia Pearly Tan/Thinaah Muralitharan 14-21, 24-22, dan 21-9. Jonatan menumbangkan wakil Jepang, Kenta Nishimoto dengan skor 12-21, 22-20, dan 21-18. 

Duel Apriyani/Fadia berjalan sengit, berlangsung hingga 1 jam 13 menit. Apriyani/Fadia mengakui Tan/Thinaah bermain dengan sangat baik. Apalagi mereka sempat dipaksa membuat kesalahan pada game ketiga. Beruntung, Apriyani/Fadia mampu bertahan. “Tadi Pearly/Thinaah bagus banget mainnya. Hanya memang ada insiden di poin-poin akhir game ketiga,” kata Apriyani, rilis resmi PBSI, Minggu (17/9/2023). 

Akhir game ketiga, pada poin 18-6, Tan terlihat tersungkur setelah mencoba mengembalikan bola. Dia sempat kesakitan dan memegangi engkel kaki kanannya hingga laga dihentikan beberapa saat. Sebagai sesame atlet, Apriyani berharap Tan tidak mengalami cedera parah. Alagi hal tersebut berpeluang membuat sang pemain harus absen pada beberapa turnamen. “Kami mendoakan yang terbaik untuknya. Semoga cederanya tidak terlalu serius, bisa recovery dengan baik,” kata Apriyani. 

Meski sempat terhenti, laga kembali berlanjut hingga selesai yang berakhir dengan skor 21-9 untuk Apriyani/Fadia pada game ketiga. Kemenangan itu membuat mereka menduduki podium tertinggi dan meraih gelar juara. Keberhasilan Apriyani/Fadia menjuarai Hong Kong Open 2023 mengakhiri paceklik gelar selama satu tahun lebih. Pasalnya, terakhir kali mereka meraih takhta tertinggi pada Singapore Open Juli 2022. Tak hanya menyudahi puasa gelar, Apriyani/Fadia juga sukses mencetak sejarah baru di turnamen tersebut. Mereka menjadi ganda putri Indonesia pertama yang berhasil menjuarai Hong Kong Open sejak digelar pada 1982.

Perjuangan menuju kemenangan juga dialami Jonatan Christie. Jojo—sapaan akrab Jonatan—tertinggal 0-3 terlebih dahulu pada awal game pertama. Dia terus tertinggal 3-5. Setelah itu, atlet asal Jakarta tersebut berhasil menyamakan kedudukan pada 5-5. Kedua pemain tersebut saling susul perolehan poin dan skor terus berimbang pada 7-7. Nishimoto kembali berhasil menjauh dengan keunggulan dua poin pada 9-7. Namun, Jojo lagi-lagi mampu membuat kedudukan imbang 9-9. Setelah itu, Jojo tertinggal saat interval pertama, 9-11. Kenta mematikan langkah Jojo dan melesat meninggalkan wakil Indonesia itu hingga skor 18-9. Dia mengakhiri game pertama dengan kemenangan 21-12. 

Kecolongan game pertama, Jojo berusaha bangkit di game kedua. Sempat unggul 8-6, Jojo lengah sehingga harus rela skor kembali imbang 8-8. Kedua pebulutangkis itu bergantian mencuri poin dan skor teruss berimbang hingga 11-11. Jojo sempat unggul 12-11 terlebih dahulu sebelum akhirnya Nishimoto membalikkan keadaan menjadi 14-12. Keunggulan itu mampu dipertahankan jagoan Jepang tersebut hingga skor 16-13 meskipun akhirnya Jojo mampu kembali menyamakan kedudukan menjadi 16-16. 

Sempat kembali unggul dua poin, pada 18-16, laga lagi-lagi berlangsung imbang 18-18. Keduanya bertarung mati-matian pada akhir game kedua tersebut, hingga mencapai deuce 20-20. Namun, pada akhirnya Jojo berhasil memenangi game kedua dengan skor 22-20 dan memaksa dilangsungkannya game ketiga. 

Jojo dan Nishimoto bertarung mati-matian pada game ketiga. Jojo beberapa kali berhasil unggul, tetapi skor terus menerus berimbang hingga 8-8. Jojo sempat unggul 11-9 pada interval.  Hanya saja, Nishimoto membalikkan keadaan menjadi 14-12. Laga berlangsung ketat pada akhir game ketiga itu. Namun, pada akhirnya Jojo keluar sebagai pemenang setelah bermain selama 1 jam 24 menit dengan skor 21-18.

Dari tiga wakil Indonesia yang melaju ke final, Leo Rolly Carnando/Daniel Marthin yang tumbang, dikalahkan pasangan pasangan Denmark, Kim Astrup/Anders Skaarup Rasmussen. Laga berlangsung sengit. Kedua pasangan bergantian meraih poin dan skor terus berimbang hingga 5-5. Setelah itu, Astrup/Skaarup mencuri enam poin berturut-turut dan berhasil unggul 11-5 pada interval game pertama. 

Selepas interval, pasangan Denmark itu kembali menjauh hingga skor 17-6. Tertinggal jauh, Leo/Daniel kesulitan untuk mengejar ketertinggalan dua digit poin tersebut. Mereka terus berjuang untuk mengejar, tetapi pada akhirnya harus merelakan game pertama untuk lawannya dengan skor 10-21. 

Leo/Daniel sempat unggul 6-3 terlebih dahulu pada awal game kedua. Walau demikian, mereka masih belum konsisten. Astrup/Skaarup lalu berhasil membalikkan keadaan menjadi 10-7. The Babies -julukan Leo/Daniel- juga kemudian memimpin 11-10 pada interval game kedua. Namun, lagi-lagi laga berlangsung sengit dengan skor yang terus berimbang hingga 13-13.

Setelah itu, Astrup/Skaarup terlihat lebih mampu memegang kendali pertandingan dan unggul 16-13. Leo/Daniel melakukan beberapa kesalahan dan tak mampu menghalau serangan dari lawannya hingga terus tertinggal 17-19. Jelang berakhirnya game kedua, The Babies akhirnya berhasil mengejar dan menyamakan kedudukan menjadi 19-19. Setelah itu, mereka berhasil merebut game kedua dengan kemenangan 24-22. 

Game ketiga berlangsung sengit sejak poin awal. Astrup/Skaarup sempat unggul 7-4, tetapi setelah itu skor kembali berimbang. Pada akhir-akhir game ketiga, pasangan Denmark tersebut terus menjaga keunggulan tipis.  Leo/Daniel sempat menyamakan skor pada 18-18/ meski begitu, akhirnya Astrup/Skaarup dapat menuntaskan laga dalam tempo 1 jam 2 menit dengan skor 21-19. (*)

Editor : Burhan

Follow Berita iNews Serpong di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut