get app
inews
Aa Read Next : Kutip Dalil, Celaka Orang yang Shalat Namun Tidak Mencegah Perbuatan Keji dan Mungkar

9 Tanda-Tanda Hari Kiamat Makin Dekat

Selasa, 25 Januari 2022 | 07:13 WIB
header img
Sembilan tanda hari kiamat (Foto: Express)

JAKARTA, iNewsSerpong.id - Hari kiamat kapan pun bisa terjadi. Sebelum terjadi, tanda-tandanya pun bisa diketahui di dalam Alquran atau hadist.

Allah SWT berfirman dalam surat Al A'raf:

يَسْأَلُونَكَ عَنِ السَّاعَةِ أَيَّانَ مُرْسَاهَا ۖ قُلْ إِنَّمَا عِلْمُهَا عِندَ رَبِّي ۖ لَا يُجَلِّيهَا لِوَقْتِهَا إِلَّا هُوَ ۚ

Artinya: "Mereka menanyakan kepadamu tentang kiamat, 'Bilakah terjadinya?' Katakanlah, 'Sungguh pengetahuan tentang kiamat itu adalah pada sisi Tuhanku. Tidak seorang pun yang dapat menjelaskan waktu kedatangannya selain Dia'." (QS Al A’raf Ayat 187).

Sekretaris Dewan Keluarga Masjid (DKM) Masjid El Syifa Ciganjur Ustadz Hadi Saifullah mengatakan ada banyak hadist yang meriwayatkan tanda-tanda kiamat sugra maupun subro. Semua tanda itu, akan muncul ketika kiamat benar-benar datang.

"Ada banyak hadis yang berbicara tanda-tanda kiamat dan tanda-tanda itu sudah banyak yang tampak, seperti hamba yang melahirkan anak tuannya, orang miskin berlomba membuat bangunan yang menjulang tinggi diriwayatkan oleh Muslim," katanya saat dihubungi MNC Portal beberapa waktu lalu.

Sementara itu, Wakil Ketua Majelis Dakwah dan Pendidikan Islam (Madani) Ustadz Ainul Yaqin menuturkan tanda-tanda kiamat makin dekat diungkapkan dalam beberapa hadis, di antara kiamat itu tidak akan datang hingga:

1. Munculnya berbagai macam fitnah di dunia.

إِنَّ بَيْنَ يَدَيِ السَّاعَةِ فِتَنًا كَقِطَعِ اللَّيْلِ الْمُظْلِمِ، يُصْبِحُ الرَّجُلُ فِيهَا مُؤْمِنًا وَيُمْسِي كَافِرًا وَيُمْسِـي مُؤْمِنًا وَيُصْبِحُ كَافِرًا، اَلْقَاعِدُ فِيهَا خَيْرٌ مِنَ الْقَائِمِ وَالْقَائِِمُ خَيْـرٌ مِنَ الْمَاشِي، وَالْمَاشِي فِيهَا خَيْرٌ مِنَ السَّاعِي، فَكَسِّرُوا قِسِيَّكُمْ وَقَطِّعُوا أَوْتَارَكُمْ وَاضْرِبُوا بِسُيُوفِكُمُ الْحِجَارَةَ، فَإِنْ دُخِلَ عَلَى أَحَدِكُمْ فَلْيَكُنْ كَخَيْرِ ابْنَيْ آدَمَ.

Artinya: "Sesungguhnya menjelang datangnya hari kiamat akan muncul banyak fitnah besar bagaikan malam yang gelap gulita, pada pagi hari seseorang dalam keadaan beriman, dan menjadi kafir di sore hari, di sore hari seseorang dalam keadaan beriman, dan menjadi kafir pada pagi hari.

Orang yang duduk saat itu lebih baik daripada orang yang berdiri, orang yang berdiri saat itu lebih baik daripada orang yang berjalan dan orang yang berjalan saat itu lebih baik daripada orang yang berlari.

Maka patahkanlah busur-busur kalian, putuskanlah tali-tali busur kalian dan pukulkanlah pedang-pedang kalian ke batu. Jika salah seorang dari kalian dimasukinya (fitnah), maka jadilah seperti salah seorang anak Adam yang paling baik (Habil)." (HR Imam Ahmad).

2. Diangkatnya Ilmu dengan banyaknya ulama yang wafat, perginya orang alim dari dunia dan kebodohan di mana-mana. 

3. Maraknya perzinaan di mana-mana.

4. Maraknya pembunuhan.

5. Waktu kian terasa cepat berputar.

لاَ تَقُومُ السَّاعَةُ حَتَّى يَتَقَارَبَ الزَّمَانُ فَتَكُونَ السَّنَةُ كَالشَّهْرِ، وَيَكُونَ الشَّهْرُ كَالْجُمُعَةِ، وَتَكُونَ الْجُمُعَةُ كَالْيَوْمِ، وَيَكُونَ الْيَوْمُ كَالسَّاعَةِ، وَتَكُونَ السَّاعَةُ كَاحْتِرَاقِ السَّعَفَةِ.

Artinya: "Tidak akan tiba hari kiamat hingga zaman berdekatan, setahun bagaikan sebulan, sebulan bagaikan sepekan, sepekan bagaikan sehari, sehari bagaikan sejam, dan sejam bagaikan terbakarnya pelepah pohon kurma." (HR Ahmad).

6. Fenomena banyaknya peristiwa gempa bumi.

لاَ تَقُومُ السَّاعَةُ حَتَّى تَكْثُر الزَّلاَزِلُ

Artinya: "Tidak akan tiba hari kiamat hingga banyak terjadi gempa bumi." (HR Bukhari).

Editor : Syahrir Rasyid

Follow Berita iNews Serpong di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut