get app
inews
Aa Read Next : Inilah Orang Paling Berbahagia pada Hari Kiamat

HIKMAH JUMAT : Dahsyatnya Waktu Subuh

Jum'at, 06 Oktober 2023 | 05:30 WIB
header img
Orang yang melaksanakan shalat Subuh akan mendapatkan jaminan yang istimewa dari Allah SWT. (Foto : Ist)

 

Waktu utama untuk berdzikir.

Dzikir adalah aktivitas bernilai ibadah yang sangat luar biasa karena akan menimbulkan ketenangan hati bagi yang melakukannya. Terlebih lagi dzikir tersebut dilaksanakan di waktu Subuh, maka in syaa Allah akan berdampak terhadap ketenangan hati sepanjang hari.

Keutamaan waktu Subuh untuk berdzikir disampaikan oleh Allah SWT dalam firman-Nya yang artinya: “Maka bertasbihlah kepada Allah di waktu kamu berada di petang hari dan waktu berada di waktu subuh.” (QS. Ar-Ruum [30]: 17).

Terhindar dari sifat munafik.

Munafik adalah sifat yang disematkan kepada seseorang yang kerap berbohong, malas menjalankan ibadah, serta memandang sepele ajaran Islam. Dalam sebuah hadits yang diriwayatkan oleh Imam Malik, Baginda Rasulullah SAW bersabda:

“Batas antara kita dengan orang-orang munafik adalah yang menghadiri shalat Isya’ dan shalat Subuh. Hal itu dikarenakan orang munafik tidak akan sanggup untuk menghadiri kedua shalat tersebut.” 

Mendapatkan pahala seperti pahala haji dan umrah yang sempurna.

Kedahsyatan waktu Subuh yang terakhir dalam pembahasan kali ini adalah berpeluang untuk mendapatkan pahala seperti pahala haji dan umrah yang sempurna. Pahala ini akan diberikan oleh Allah SWT kepada orang yang melaksanakan shalat Subuh secara berjamaah dilanjutkan dengan dzikir hingga matahari terbit dan ditutup dengan dua rakaat shalat Isyraq.

Hal ini disampaikan oleh Baginda Rasulullah SAW dalam sabdanya: “Siapa yang shalat Subuh dengan berjamaah, kemudian shalat dua rakaat, maka ia mendapatkan pahala haji dan umrah sempurna.” (HR. Tirmidzi).

Demikianlah beberapa penjelasan tentang kedahsyatan waktu Subuh, shalat Subuh, shalat sunnah sebelum Subuh, dzikir di waktu Subuh, serta ibadah-ibadah lain yang menyertainya. Oleh karenanya, janganlah kita sia-siakan datangnya waktu Subuh hanya demi kehangatan selimut dan kenikmatan tidur kita. (*)


Janganlah sia-siakan datangnya waktu Subuh hanya demi kehangatan selimut dan kenikmatan tidur. (Foto : Ist)
 

Wallahu a’lam bish-shawab.

          

Editor : Syahrir Rasyid

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut