Logo Network
Network

Peristiwa Penting di Hari Jumat, Nomor 4 Muslim Patut Mengetahui

Vitrianda Hilba Siregar
.
Jum'at, 27 Januari 2023 | 10:27 WIB
Peristiwa Penting di Hari Jumat, Nomor 4 Muslim Patut Mengetahui
Hari Jumat adalah penghulunya hari dan hari yang paling mulia di sisi Allah Ta’ala. (Foto: Freepik)

SERPONG, iNewsSerpong.id - Hari Jumat adalah penghulunya hari dan hari yang paling mulia di sisi Allah Ta’ala. Nabi Muhammad Shallallahu ‘Alaihi Wasallam pun sangat memuliakan Hari Jumat, menghormatinya, dan mengkhususkannya untuk beribadah dibandingkan hari-hari lainnya.

Ada sejumlah peristiwa penting terjadi pada Hari Jumat, salah satunya
Nabi Adam Alaihissalam diciptakan, diturunkan ke dunia, dan wafat pada Hari Jumat. Hari Kiamat pun tak akan terjadi kecuali hari Jumat

Lantas peristawa penting apalagi yang terjadi pada Hari Jumat. Berikut beberapa di antaranya.

1.Hari Kesaksian
Didalam Alquran sedikitnya ada tiga hari yang sangat penting yaitu hari kiamat, hari yang disaksikan yaitu hari arafah, dan hari persaksian yaitu hari Jumat.

Seperti yang diriwayatkan oleh Imam At tirmidzi, Rasullullah SAW bersabda: “Hari yang dipastikan datangnya adalah hari kiamat, hari yang disaksikan adalah hari Arafah dan (hari) yang menjadi saksi adalah hari Jumat. Tiadalah matahari terbit dan untuk suatu hari yang lebih utama dari pada hari Jumat. Pada hari tersebut ada suatu waktu dimana seorang hamba yang beriman kepada Allah dengan kebaikan, kecuali Allah akan mengabulkan untuknya, dan memohon perlindungan dari suatu (kepada-Nya) kecuali Allah melindunginya dari sesuatu tersebut.” (HR. Sahih Tirmidzi)

2. Hari terjadinya kiamat
Kiamat adalah ranah Allah SWT, kapan akan terjadi dan seperti apa itu adalah aturan dan hak Allah AWT. Sebagaimana firman-Nya: “Manusia bertanya tentang hari berbangkit, katakanlah: sesungguhnya pengetahuan tentang hari berbangkit itu hanya disisi Allah. Dan tahukah kamu (hai Muhammad), boleh jadi hari berbangkit itu sudah dekat waktunya.” (QS. Al ahzab:63)

Ayat ini dengan jelas menerangkan kapan terjadinya kiamat hanya Allah yang tahu, akan tetapi Allah juga yang memberi tahu bahwa kiamat akan terjadi pada hari Jumat melalui Rosulnya.

Rasullullah SAW bersabda: “Kiamat tidak akan terjadi, kecuali hari Jumat” (HR. Imam Ahmad, Muslim dan At Thirmidzi)

3. Hari dikabulkannya doa
Di antara rahasia keutamaan hari Jumat lain adalah di hari itu terdapat waktu-waktu dikabulkannya doa.

“Di hari Jumat itu terdapat satu waktu yang jika seorang Muslim melakukan salat di dalamnya dan memohon sesuatu kepada Allah Ta’ala, niscaya permintaannya akan dikabulkan.’ Lalu beliau memberi isyarat dengan tangannya yang menunjukkan sedikitnya waktu itu.” [HR.Bukhari dan Muslim]

Dari Abu Hurairah, Rasulullah bersabda: “Sesungguhnya pada hari Jumat terdapat waktu mustajab bila seorang hamba muslim melaksanakan shalat dan memohon sesuatu kepada Allah pada waktu itu, niscaya Allah akan mengabulkannya.” [Muttafaqun Alaih]

Follow Berita iNews Serpong di Google News

Halaman : 1 2 3
Bagikan Artikel Ini