get app
inews
Aa Read Next : Lawan Israel, Erdogan Serukan Dunia Islam Bentuk Aliansi

HIKMAH JUMAT : Mengenal Karakter Kaum Yahudi

Jum'at, 13 Oktober 2023 | 04:00 WIB
header img
Islam mengajarkan kepada umatnya untuk berkontribusi secara positif terhadap kehidupan manusia di dunia ini. (Foto : Ist)

Penulis : Dr. Abidin, S.T., M.Si. - Dosen Universitas Buddhi Dharma & Ketua Umum Yayasan Bina Insan Madinah Catalina

SUNGGUH SAKIT rasanya hati ini, ketika melihat saudara-saudara kita di Palestina setiap hari menjadi korban kekerasan dari kaum Yahudi yakni zionis Israel. Mereka tidak hanya mengalami penyiksaan secara fisik, pemerkosaan hingga pembunuhan, namun juga kekerasan secara mental psikologis yang membuat mereka mentalnya rusak bahkan benci terhadap Islam.

Kekerasan zionis Israel tersebut terus berlangsung hingga saat ini. Dalam beberapa hari ini kita disuguhi informasi tentang kebiadaban kaum Yahudi terhadap saudara-saudara kita di Palestina. Ribuan orang warga Palestina menjadi korban, termasuk di dalamnya anak-anak dan wanita.

Terlepas dari urusan politik yang terjadi, sebagai sesama muslim tentunya kita wajib mengutuk dan harus turut serta merasakan penderitaan saudara-saudara kita di Palestina. Baginda Rasulullah SAW bersabda:

“Perumpamaan kaum mukmin dalam cinta-mencintai, sayang-menyayangi dan bahu-membahu, seperti satu tubuh. Jika salah satu anggota tubuhnya sakit, maka seluruh anggota tubuhnya yang lain ikut merasakan sakit juga, dengan tidak bisa tidur dan demam.” (HR. Bukhari, Muslim, Ahmad).

Perilaku dan sikap kaum Yahudi yang senang melakukan kekerasan, khususnya terhadap umat Islam, bukanlah hal yang baru. Di dalam Al-Qur’an, Allah SWT telah memberikan informasi yang jelas terkait dengan karakter dari kaum Yahudi sejak dahulu kala.

Mari kita kenali karakter kaum Yahudi itu berdasarkan sumber yang tidak diragukan lagi kebenarannya, yaitu firman Allah SWT yang terdapat di dalam Al-Qur’an. Dengan landasan ini, maka keimananlah yang menjadi landasan kita dalam menyikapi dan menilai setiap perbuatan kaum Yahudi khususnya zionis Israel.

Di dalam Al-Qur’an kaum Yahudi disebut dengan berbagai istilah seperti Ahl al-Kitab, Utu al-Kitab, Utu nashiban minal Kitab, Al-Yahud, Al-ladzina Hadu, dan Bani Israil. Berikut ini adalah beberapa karakter kaum Yahudi yang dijelaskan oleh Allah SWT dalam Al-Qur’an.


Dr. Abidin, S.T., M.Si. (Foto : iNewsSerpong)
 

Editor : Syahrir Rasyid

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut