get app
inews
Aa Read Next : Lawan Israel, Erdogan Serukan Dunia Islam Bentuk Aliansi

Indonesia Harus jadi Inisiator Perdamaian pada Konflik Palestina - Israel, Harap Bacapres Ganjar

Senin, 06 November 2023 | 22:48 WIB
header img
Bacapres Ganjar Pranowo bersilaturahmi ke ponpes di Musi Banyuasin, Senin (6/11/2023). (Foto : MPI)

MUSI BANYUASIN, iNewsSerpong.id - Indonesia perlu memainkan peran dalam menginisiasi perdamaian di Palestina. Demikian ditegaskan Bakal calon presiden (Bacapres) Ganjar Pranowo angkat suara terkait konflik Palestina-Israel.

"Jika kita melihat gerak seluruh dunia, maka Indonesia harus turut serta berkontribusi. Organisasi-organisasi dalam konferensi Islam harus bersuara. Di PBB, kita harus mencari solusi untuk mencapai perdamaian," ujar Ganjar saat berkunjung ke Pondok Pesantren Hidayatul Fudhola' Walisongo, Kabupaten Musi Banyuasin, Senin (6/11/2023).

Ganjar juga mengutuk keras tindakan peperangan, karena hanya akan mengakibatkan penderitaan. Dia menyoroti bahwa anak-anak dan perempuan sering menjadi korban dalam konflik tersebut.

Perang Hasilkan Penderitaan

"Apapun bentuk perang, itu hanya akan menyebabkan penderitaan. Anak-anak dan perempuan juga menjadi korban. Bahkan, rumah sakit pun terdampak," ujarnya.

Gubernur Jawa Tengah selama 2 periode ini menambahkan bahwa Indonesia harus mengambil sikap dan memulai upaya perdamaian.

"Penyelesaian politik harus diusahakan, dan suka atau tidak suka, harus ada pihak yang memulai. Saya rasa Indonesia memiliki kesempatan itu. Oleh karena itu, dalam kerangka politik bebas aktif saat ini, kita harus mengambil inisiatif," tambahnya.

Ganjar menekankan bahwa upaya perdamaian dapat dilakukan melalui komunikasi dengan Dewan Keamanan PBB, OKI (Organisasi Kerja Sama Islam), atau melalui penyelesaian two-state solution, dengan berdialog langsung dengan Palestina dan Israel. "Dengan demikian, situasi dapat menjadi lebih baik," tambahnya.

Sekali lagi, Ganjar dengan tegas menyatakan bahwa semua perang harus dihentikan. "Yang perlu kita tekankan saat ini adalah menghentikan semua bentuk perang. Karena perang hanya akan menyebabkan bencana dan penderitaan. Perang hanya akan menimbulkan dendam tanpa akhir. Oleh karena itu, nilai kemanusiaan harus diutamakan," tandasnya. (*)

 

Artikel ini telah dipublikasikan di sumsel.inews.id dengan judul "Konflik Palestina-Israel, Ganjar: Indonesia Harus Menjadi Inisiator Perdamaian", Klik untuk membaca: https://sumsel.inews.id/berita/konflik-palestina-israel-ganjar-indonesia-harus-jadi-inisiator-perdamaian?_ga=2.123998221.641121335.1693213694-851077438.1680332012.

Unduh aplikasi Inews.id untuk mengakses berita dengan lebih mudah dan cepat: https://www.inews.id/apps

 


 

Editor : Syahrir Rasyid

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut