get app
inews
Aa Read Next : Bus Untuk Kampanye Akbar AMIN Diduga Disabotase, Anies: Semangat Semakin Besar

Hajatan Rakyat Ganjar-Mahfud di Manado, Ganjar: Sulut Harus Jadi Pintu Gerbang Ekonomi Baru

Jum'at, 02 Februari 2024 | 07:00 WIB
header img
Capres nomor urut 3 yang didukung Partai Perindo, Ganjar Pranowo menegaskan, Sulut harus jadi pintu gerbang pertumbuhan ekonomi baru Indonesia wilayah utara. Foto/Arif Julianto/MPI

MANADO, iNewsSerpong.id – Melanjutkan kampanyenya, Capres nomor urut 3, Ganjar Pranowo mengunjungi Sulawesi Utara (Sulut). Dalam orasinya, Ganjar menyebut Sulut harus menjadi pintu gerbang pertumbuhan ekonomi baru Indonesia di wilayah utara. Banyak potensi ekonomi yang bisa dikembangkan, di antaranya potensi kelautan dan pariwisata. 

Pernyataan itu disampaikan Ganjar di hadapan puluhan ribu warga Sulut dalam acara bertajuk Hajatan Rakyat Ganjar-Mahfud di Lapangan KONI Manado, Kamis (1/2/2024). Menurut Ganjar, masyarakat Sulut pasti sejahtera jika potensi yang ada digarap secara serius pemerintah. 

"Sulut adalah wilayah di utara Indonesia dan sebagai pintu gerbang masuk ke Indonesia dari wilayah utara. Potensi daerahnya luar biasa, maka Sulut harus menjadi pintu gerbang pertumbuhan ekonomi wilayah utara," ucap Capres yang diusung koalisi Partai Perindo, PDIP, PPP dan Hanura itu.

Lebihlanjut Ganjar mengatakan, seluruh kegiatan ekspor impor ke Indonesia dari wilayah utara, harus masuk ke Sulut. Dengan begitu lanjut Ganjar, maka seluruh potensi yang ada di Sulut bisa berkembang dan muncul. 

"Itulah pertumbuhan ekonomi baru yang mesti kita ciptakan. Dan Sulut menjadi kontributor ekonomi besar bagi Indonesia," tegasnya.

Salah satu potensi besar Sulut yang belum dikelola dengan baik adalah sektor kelautan. Selain sumber daya di laut yang melimpah, pariwisata dan kebudayaan di Sulut juga bisa menjadi penyumbang ekonomi besar bagi Indonesia. 

"Kalau bicara optimalisasi potensi laut, maka persis dengan apa yang akan kita kerjakan. Negara maritim ini mesti kita kuatkan, sumber daya kelautan, pariwisata dan budaya harus kita naikkan," ucapnya. 

Untuk mewujudkan itu, fondasi yang kuat harus disiapkan. Makanya, ia memprioritaskan pembangunan SDM untuk mewujudkan cita-cita itu.

"SDM mesti kita siapkan dengan pendidikan yang terbaik. Semua masyarakat harus bisa mengakses pendidikan. Makanya kami punya program SMK Gratis Lulus Langsung Kerja serta program Satu Keluarga Miskin Satu Sarjana agar akses pendidikan bisa dirasakan oleh semua anak bangsa," terangnya. 

Sementara itu, Politisi PDIP yang juga Gubernur Sulut, Olly Dondokambey menegaskan, apa yang disampaikan Ganjar bukanlah janji belaka. Selama menjadi anggota DPR RI dan Gubernur Jawa Tengah dua periode, Ganjar telah terbukti melakukan banyak terobosan untuk menyejahterakan rakyat. 

"Maka kami yakin, kalau Pak Ganjar jadi presiden, Sulut pasti akan lebih maju," ucapnya.


Artikel ini telah diterbitkan di halaman SINDOnews.com pada Kamis, 01 Februari 2024 - 22:30 WIB oleh Dinar Fitra Maghiszha dengan judul "Ganjar Sebut Sulut Harus Jadi Pintu Gerbang Ekonomi Baru di Indonesia Utara". 

Editor : A.R Bacho

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut