get app
inews
Aa Read Next : Jangan Sampai Kehabisan Baterai, Begini Cara Mengendarai Motor Listrik yang Benar

Bukan Urusan Baterai Penyebab Pasar Kendaraan Listrik Bekas Belum Terbentuk

Jum'at, 17 November 2023 | 10:02 WIB
header img
Pasar mobil listrik bekas belum terbentuk diduga terbentur masalah baterai. (Foto : Ist)

JAKARTA, iNewsSerpong.id – Pasar kendaraan listrik bekas belum terbentuk. Diperkirakan kaklau sudah 10 persen masyarakat Indonesia menggunakan kendaraan listrik, baru pasar untuk kendaraan listrik bekas akan mulai terbentuk.

Sekretaris Jenderal Perkumpulan Industri Kendaraan Listrik Indonesia (Periklindo), Tenggono Chuandra Phoa, menyebut bahwa hal ini merupakan tantangan yang perlu diatasi seiring berjalannya waktu.

"Kendaraan listrik baru mulai ramai sejak tahun ini. Pasar kendaraan listrik di Indonesia masih kecil dan butuh waktu untuk berkembang," ujar Tenggono di Kemayoran, Jakarta Pusat, beberapa waktu lalu.

Masih Teknologi Baru

Dia menjelaskan bahwa kendaraan listrik masih teknologi baru bagi masyarakat Indonesia, dan belum memiliki pasar untuk kendaraan listrik bekas karena penerimaannya masih dalam proses.

Menurut Tenggono, ketika sekitar 10 persen masyarakat Indonesia menggunakan kendaraan listrik, baru pasar untuk kendaraan listrik bekas akan mulai terbentuk. Dia menekankan bahwa mereka yang saat ini menggunakan kendaraan listrik bisa disebut sebagai pemula, yang akan menikmati kendaraan tersebut beberapa tahun sebelum dijual.

Kendaraan listrik bergantung pada baterai sebagai sumber utama energi yang menggantikan bahan bakar minyak. Meskipun baterai memiliki umur pakai yang terkait dengan pemakaian, Tenggono memastikan bahwa harga kendaraan listrik bekas tidak akan terlalu dipengaruhi oleh kondisi baterai.

Banyak produsen saat ini memberikan garansi yang cukup panjang untuk baterai kendaraan listrik yang mereka pasarkan, sehingga hal ini tidak menjadi masalah.

"Sekarang ada perusahaan yang memberikan garansi baterai sampai 8 tahun. Jadi, tinggal menunggu waktu saja. Saya yakin penggunaan kendaraan listrik di Indonesia akan semakin meningkat," tambahnya. (*)

 

Artikel ini pertama kali diterbitkan di www.inews.id dengan judul "Pasar Kendaraan Listrik Bekas Belum Terbentuk, Masih Ragu Soal Baterai?". Kamu bisa baca lebih lanjut di: https://www.inews.id/otomotif/mobil/pasar-kendaraan-listrik-bekas-belum-terbentuk-masih-ragu-soal-baterai.

 

Editor : Syahrir Rasyid

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut