get app
inews
Aa Read Next : Jangan Abaikan Waktu Penggantian Filter Oli Mobil

4 Perbedaan Aki Kering dengan Aki Basah Harus Dikenali, tak Cuma Beda Harga Saja

Minggu, 24 Desember 2023 | 05:14 WIB
header img
Perbedaan aki kering dan aki basah penting diketahui pengguna kendaraan bermotor. (Foto: Wuling Indonesia)

JAKARTA, iNewsSerpong.id - Antara aki kering dan aki basah terdapat beberapa perbedaan yang signifikan, salah satunya terletak pada sifat cairannya.

Aki yang juga dikenal sebagai accu, merupakan komponen vital dalam kendaraan seperti motor atau mobil.

Fungsinya terkait dengan sistem kelistrikan dalam kendaraan tersebut. Meski keduanya dikenal dengan nama yang sama, aki kering dan aki basah memiliki perbedaan mendasar.

Berikut adalah beberapa perbedaan yang penting untuk diketahui:

Perbedaan Antara Aki Kering dan Aki Basah:

1. Jenis Wadah:

Perbedaan pertama dapat dilihat dari jenis wadah yang digunakan pada aki kering dan aki basah. Aki kering umumnya menggunakan wadah berwarna gelap, sementara aki basah menggunakan wadah transparan atau berwarna cerah untuk memungkinkan pengamatan cairan di dalamnya.

Wadah aki basah juga dilengkapi dengan tutup untuk menutupi lubang pengisian cairannya, sedangkan aki kering tidak memerlukan pengisian ulang cairan.

2. Bentuk Cairan:

Perbedaan paling jelas terlihat dari bentuk cairan pada aki kering dan aki basah. Cairan pada aki kering berbentuk padat dan seperti gel, sementara aki basah memiliki cairan yang mirip air biasa.

3. Harga:

Secara umum, aki basah memiliki harga yang lebih terjangkau dibandingkan dengan aki kering. Hal ini karena aki basah memerlukan perawatan rutin sementara aki kering lebih sedikit memerlukan perawatan.

4. Perawatan:

Aki kering sering disebut maintenance free karena tidak memerlukan pengisian ulang cairan. Sebaliknya, aki basah memerlukan perawatan berkala dan pengisian ulang cairan secara teratur. (*)

 

Artikel ini telah diterbitkan di halaman SINDOnews.com pada Sabtu, 02 Desember 2023 - 10:31 WIB oleh Lutfan Faizi dengan judul "Intip 4 Perbedaan Aki Kering dengan Aki Basah, Tak Cuma Harga Saja".

 

 

 

 

Editor : Syahrir Rasyid

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut