get app
inews
Aa Read Next : Mercedes-Benz akan Pamerkan 7 Mobil Model Baru di GIIAS 2024, Boyong E-Class Terbaru

Dapat Subsidi hingga Harganya Cuma Rp5 Jutaan, ini 9 Motor Listrik Baru dapat Subsidi

Rabu, 13 Desember 2023 | 10:16 WIB
header img
Motor listrik yang masuk program subsidi pemerintah mencapai 48 model. (Foto: Ist)

JAKARTA, iNewsSerpong.id – Program subsidi sebesar Rp7 juta untuk motor listrik kini semakin meluas dengan penambahan 9 model baru. Saat ini, sudah ada 48 model motor listrik yang memenuhi kriteria program subsidi tersebut.

Motor listrik yang masuk dalam program ini harus dirakit lokal dan memiliki nilai TKDN (Tingkat Komponen Dalam Negeri) minimal 40 persen. Mereka juga harus lulus uji tipe dari Kementerian Perhubungan untuk memastikan keamanannya, sehingga sesuai dengan regulasi yang ditetapkan.

Menurut laman Sistem Informasi Bantuan Pembelian Kendaraan Bermotor Roda Dua (SISAPIRa), sembilan model motor listrik terbaru ditawarkan dengan harga yang terjangkau, bahkan ada yang dibanderol di kisaran Rp5 jutaan.

Harapannya, penambahan model ini dapat mendorong penjualan, mengingat penyerapan motor roda dua ramah lingkungan masih terbilang minim saat ini.

Data terbaru menunjukkan bahwa jumlah motor listrik yang tersalurkan baru mencapai 8.683 unit, sedangkan 6.637 unit masih dalam proses pendaftaran, dan 1.595 lainnya dalam proses verifikasi, dengan sisa kuota sebesar 183.085 unit.

Bagi yang berminat membeli motor listrik dengan subsidi Rp7 juta, prosesnya cukup mudah. Mereka hanya perlu datang ke diler dengan menunjukkan KTP yang terdaftar dengan satu NIK untuk satu unit motor listrik.

Persyaratan ini telah diatur dalam Peraturan Menteri Perindustrian nomor 21 tahun 2023 tentang Pedoman Pemberian Bantuan Pemerintah untuk Pembelian Kendaraan Bermotor Listrik Berbasis Baterai Roda Dua.


Beli motor listrik bersubsidi harganya terjangkau. (Foto: Ist)
 

Editor : Syahrir Rasyid

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut