get app
inews
Aa Read Next : 38 Perusahaan Siap IPO, BEI Catat Mayoritas Beraset Skala Menengah

Desain Vespa sebagai Motor Eropa Paling Banyak Ditiru Pabrikan Motor China

Sabtu, 16 Desember 2023 | 09:43 WIB
header img
Skuter Vespa paling banyak ditiru produsen China. (Foto: Scootering) 

MILAN, iNewsSerpong.id - Vespa memang menjadi ikon dalam segala aspek. Tak hanya dari segi desain, tapi juga karena perusahaan ini telah berdiri sejak tahun 1946 dan desain motor Vespa masih mempertahankan ciri khasnya dari masa lalu.

Menurut Interbrand, perusahaan penilai merek global, Vespa kini telah melampaui nilai 1 miliar Euro. Pada tahun 2022, Vespa juga menjadi kontributor utama dalam keuangan Piaggio Group dengan pertumbuhan penjualan naik hingga 30%.

Di bawah naungan Piaggio Group selama beberapa dekade, Vespa dikelola dengan bijaksana. Mereka tidak hanya mempertahankan desain klasik, tetapi juga memasukkan perbaikan teknis ke dalam sepeda motor merek.,

Seperti model premium GTS dan yang lebih kecil, mirip Primavera. Hal ini membuat Vespa tetap memancarkan daya tarik klasiknya sambil menjamin kegunaan, keandalan, dan keamanan.

Baru-baru ini, status ikonik Vespa ditegaskan oleh Pengadilan Uni Eropa (CJEU). Pengadilan ini menyatakan bahwa desain Vespa adalah yang unik dan tak dapat ditiru, membuatnya mudah dikenali di seluruh Eropa.

Keputusan ini mengakhiri perselisihan hukum selama 10 tahun antara Piaggio Group dan Grup Industri Zhongneng Zhejiang China, yang memproduksi skuter ZNEN yang meniru Vespa secara terang-terangan.

Pada tahun 2014, Kantor Kekayaan Intelektual Uni Eropa (EUIPO) mengakui keunikan desain Vespa dan memberikan status merek dagang. Namun, pada tahun 2018, Zhejiang Zhongneng Industry Group berhasil membatalkan merek dagang

Vespa di pengadilan setelah menguatkan posisinya di Eropa dengan pembelian merek Moto Morini. Akibatnya, EUIPO membatalkan keputusan awalnya dan memberikan kebebasan kepada perusahaan China ini untuk memproduksi dan menjual skuter ZNEN mereka.

Editor : Syahrir Rasyid

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut