get app
inews
Aa Read Next : Jalan Ciledug Raya Tergenang Banjir

Tegal Diguncang Gempa Magnitudo 4,5, Dirasakan Juga di Brebes

Sabtu, 16 Desember 2023 | 09:45 WIB
header img
Gempa Bumi M4,5 Guncang Tegal, 2 Rumah Rusak. (Foto: Ilustrasi/Ist)

JAKARTA, iNewsSerpong.id – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Tegal, Provinsi Jawa Tengah melaporkan, gempa dirasakan kuat selama kurang lebih 5 detik. Masyarakat sempat panik dan keluar rumah.

Gempa bumi yang berkekuatan Magnitudo 4,5 terjadi pada Jumat (15/12) malam pukul 21.24 WIB. Gempa berpusat di 7.15 LS dan 108.86 BT atau 34 km Barat Daya dari Kabupaten Tegal dengan kedalaman 10 km.

Guncangan gempa juga dirasakan kuat di Kabupaten Brebes selama 3 hingga 5 detik. Pascagempa bumi, dilaporkan dua rumah warga di Kabupaten Brebes mengalami kerusakan. Dari dokumentasi yang diterima, kerusakan terlihat pada retakan dinding dan atap rumah yang roboh.

Sementara itu, Kepala Pusat Data, Informasi dan Komunikasi Kebencanaan BNPB Abdul Muhari mengatakan, tidak ada laporan korban jiwa akibat peristiwa tersebut. Namun, BPBD Kabupaten Tegal dan BPBD Kabupaten Brebes terus melakukan monitoring dan pendataan kondisi dan dampak di lapangan. 

Abdul Muhari menghimbau warga untuk tetap waspada dan siaga apabila terdapat potensi gempa susulan. Hindari bangunan yang sudah mulai mengalami keretakan, pastikan struktur bangunan rumah tetap kokoh sebelum kembali ke dalam rumah, dan pantau informasi terkini dari instansi berwenang seperti BNPB, BMKG, serta pemerintah daerah setempat untuk menghindari misinformasi.

 

Artikel ini telah tayang di jateng.inews.id dengan judul " Gempa Bumi M4,5 Guncang Tegal, 2 Rumah Rusak ", Klik untuk baca: https://jateng.inews.id/berita/gempa-bumi-m45-guncang-tegal-2-rumah-rusak/all.

Download aplikasi Inews.id untuk akses berita lebih mudah dan cepat:
https://www.inews.id/apps

Editor : A.R Bacho

Follow Berita iNews Serpong di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut