get app
inews
Aa Read Next : Federal Oil Umumkan Daftar Konsumen Beruntung Program Nyaman Berhadiah 2024 Periode Agustus

Suara Mesin Motor Matic Mengganggu? Ini Cara Membuat Agar tidak Bising

Selasa, 09 Januari 2024 | 05:00 WIB
header img
Cara menghaluskan bunyi mesin motor matic perlu memperhatikan beberapa hal. (Foto: Ist)

JAKARTA, iNewsSerpong.id - Suara mesin motor matic sudah taraf mengganggu? Suara bising biasanya disebabkan beberapa faktor, termasuk penggunaan oli yang tidak sesuai, keausan v-belt, ketidaksesuaian katup, dan masalah perawatan mesin.

Untuk menghindari mesin motor matic mengeluarkan suara kasar, diperlukan perawatan rutin. Berikut adalah beberapa cara untuk menjaga mesin motor matic agar tetap halus:

1. Ganti Oli secara Berkala

Pastikan oli mesin diganti sesuai dengan jadwal yang dianjurkan oleh pabrikan. Oli yang bersih sesuai spesifikasi dapat membantu menjaga performa mesin dan mengurangi gesekan yang menyebabkan suara bising.

2. Periksa V-Belt

Pastikan keadaan V-Belt dalam kondisi baik dan sesuai rekomendasi pabrikan. Keausan atau ketegangan yang tidak tepat dapat menyebabkan suara yang tidak diinginkan.

3. Periksa Katup

Pastikan katup mesin dalam kondisi yang baik. Ketegangan katup yang tidak tepat dapat memengaruhi suara mesin. Sesuaikan katup sesuai petunjuk pabrikan jika diperlukan.

4. Pemeliharaan Sistem Bahan Bakar

Bersihkan atau ganti filter udara dan pastikan sistem bahan bakar berfungsi dengan baik. Filter udara yang kotor atau sistem bahan bakar yang tidak efisien dapat memengaruhi kinerja mesin.

5. Periksa Sistem Pembuangan

Pastikan knalpot dalam kondisi baik dan tidak bocor. Knalpot yang bocor dapat menyebabkan suara mesin yang tidak diinginkan.

6. Periksa Bearing dan Pulley

Periksa keausan bearing dan pulley yang bisa menyebabkan suara yang tidak diinginkan. Ganti komponen yang perlu diganti untuk menjaga mesin tetap halus.

7. Perhatikan Sistem Pendingin

Pastikan sistem pendingin berfungsi dengan baik untuk menjaga suhu mesin dan mencegah keausan komponen yang dapat menyebabkan suara tidak diinginkan.

8. Gunakan Oli Pelumas yang Tepat

Pilih oli pelumas yang direkomendasikan oleh pabrikan untuk mesin motor matic. Oli yang tepat dapat mengurangi gesekan dan kebisingan.

9. Bersihkan Mesin secara Rutin

Membersihkan mesin dari debu, kotoran, atau minyak berlebihan dapat meningkatkan efisiensi operasi mesin.

10. Konsultasikan ke Bengkel

Jika Anda merasa kurang yakin atau tidak bisa menangani sendiri, lebih baik konsultasikan ke bengkel atau mekanik yang ahli dalam perawatan motor. (*)


Artikel ini telah diterbitkan di halaman SINDOnews.com pada Kamis, 14 Desember 2023 - 11:33 WIB oleh Rizky Darmawan dengan judul "10 Cara Menghaluskan Motor Mesin Matic yang Perlu Diperhatikan".

 

 

Editor : Syahrir Rasyid

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut