get app
inews
Aa Read Next : Jalan Ciledug Raya Tergenang Banjir

Libur Natal dan Tahun Baru 2024, BNPB Ingatkan Pemda Siaga di Objek Wisata

Jum'at, 22 Desember 2023 | 04:11 WIB
header img
Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Letjen TNI Suharyanto (Foto: Ist)

JAKARTA, iNewsSerpong.id – Selama libur Natal dan Tahun Baru (Nataru) 2024, Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Letjen TNI Suharyanto mengingatkan pemerintah daerah untuk bersiaga di objek-objek wisata.  Pemda diminta sigap dalam bertindak jika terjadi hal-hal yang tidak diinginkan.

"Pemerintah daerah untuk bersiaga pada tempat-tempat objek wisata, baik sungai, pantai, maupun pegunungan,” kata Suharyanto dalam keterangannya, Kamis (21/12/2023). 

Dalam kesempatan rapat ini, Suharyanto juga mengingatkan pemda untuk mengawasi mobilitas masyarakat. Dia pun memastikan bagi BNPB, dan juga BPBD tidak ada libur di saat Nataru. 

“Jika di penghujung tahun ada libur Natal dan Tahun Baru, BNPB dan BPBD tidak mengenal itu, justru kita keluar semua membantu pergerakan masyarakat,” kata Suharyanto.

Lebih lanjut, Suharyanto mengatakan BNPB akan melaksanakan pantauan mulai dari Lampung, DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah, Yogyakarta, Jawa Timur, dan Bali khususnya pada rute jalur mudik yang sering digunakan masyarakat dalam menikmati liburan Natal dan Tahun Baru. 

Suharyanto pun mengimbau masyarakat dan pelaku perjalanan libur natal dan tahun baru tiga hal, antara lain; selalu memantau prakiraan cuaca yang dikeluarkan oleh BMKG atau pihak berwenang lainnya.

“Kemudian, mempelajari dan memahami jalur evakuasi terdekat apabila terdapat potensi bencana hidrometeorologi, serta memeriksa kondisi kendaraan ketika akan bepergian,” katanya.

 

Artikel ini telah tayang di www.inews.id dengan judul " BNPB Ingatkan Pemda Siaga di Objek Wisata selama Libur Natal dan Tahun Baru ", Klik untuk baca: https://www.inews.id/news/nasional/bnpb-ingatkan-pemda-siaga-di-objek-wisata-selama-libur-natal-dan-tahun-baru.

Download aplikasi Inews.id untuk akses berita lebih mudah dan cepat:
https://www.inews.id/apps

Editor : A.R Bacho

Follow Berita iNews Serpong di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut