get app
inews
Aa Read Next : Pasca Libur Nataru, Andi Ony Periksa Pelayanan Publik Dibeberapa Kecamatan di Tangerang

15.645 Faskes Disiapkan Kemenkes Pada Periode Nataru

Sabtu, 23 Desember 2023 | 12:20 WIB
header img
Kemenkes Siapkan 15.645 Faskes Gratis di Periode Libur Nataru. (Foto: MNC Media)

JAKARTA, iNewsSerpong.id – Dalam upaya pemberian pelayanan kepada masyarakat, pada pelaksanaan libur Natal 2023 dan Tahun Baru 2024 (Nataru) Kementerian Kesehatan RI telah menyiapkan 15.645 fasilitas kesehatan (Faskes) di seluruh Indonesia.
 
Faskes tersebut mencakup 3.137 rumah sakit, 10.147 puskesmas, 51 kantor kesehatan pelabuhan, 251 PSC, dan 2.059 pos kesehatan. Hal tersebut disampaikan oleh Direktur Pelayanan Kesehatan Primer Kementerian Kesehatan RI (Kemenkes), Obrin Parulian, dalam Podcast Kemencast di kanal YouTube Kemenkes, Sabtu (23/12/2023)

Dalam menghadapi mobilitas yang diperkirakan sangat masif selama libur Nataru, Kemenkes bekerja sama dengan Pemerintah Provinsi, Pemerintah Kota, serta rekan-rekan dari TNI/Polri untuk menyediakan posko kesehatan, ungkapnya. 

Setiap posko dilengkapi dengan tenaga kesehatan, termasuk dokter, perawat, dan ambulans. Selain itu, tersedia obat-obatan standar dan obat-obatan untuk keadaan gawat darurat, lanjut Obrin.

Layanan di posko kesehatan ini berlaku untuk seluruh masyarakat, baik peserta BPJS Kesehatan maupun Non-BPJS Kesehatan, dan tidak dikenakan biaya, jadi tenang saja ungkapnya.

Jika ada warga yang membutuhkan pertolongan karena kondisi kesehatan yang kurang baik, mereka dapat segera mendatangi pos kesehatan terdekat dan akan dibantu oleh tenaga kesehatan setempat.

"Ingat, di posko-posko pelayanan ini, semua layanan gratis", tegas Obrin.

Untuk diketahui, arus mudik Natal 2023 terjadi mulai tanggal 22 sampai 23 Desember dan arus balik Natal diperkirakan akan terjadi dari tanggal 26 hingga 27 Desember. Obrin juga menjelaskan bahwa setelahnya masih ada arus mudik tahun baru yang diprediksi akan mencapai puncaknya tanggal 29 hingga 30 Desember nanti. Sementara untuk arus balik diperkirakan tanggal 1 sampai 2 Januari 2024.

 

Artikel ini telah diterbitkan di halaman  idxchannel.com  pada Sabtu, 23/12/2023 08:39 WIB oleh Selfie Miftahul Jannah  dengan judul "Kemenkes siapkan 15.645 faskes gratis di periode libur nataru".

Editor : A.R Bacho

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut