get app
inews
Aa Read Next : Debat Kelima Pilpres 2024, Ganjar Ucapkan 3 Janji agar Tak Kecewakan Rakyat

Andi Widjajanto TPN Respon Gibran Soal SGIE : Saya Bayangkan Nasi Gurih

Minggu, 24 Desember 2023 | 06:45 WIB
header img
Andi Widjajanto (tengah) menyindir penggunaan 'SGIE' oleh Gibran (Foto: Feldy Utama/MPI)

JAKARTA, iNewsSerpong.id – Salah satu isu yang menjadi perbincangan hangat setelah debat calon wakil presiden pada Jumat, (22/12/2023), adalah soal SGIE. Singkatan ini muncul dalam pertanyaan yang diajukan oleh calon wakil presiden nomor urut 2, Gibran Rakabuming Raka, kepada calon wakil presiden nomor urut 1, Muhaimin Iskandar.

Gus Imin, panggilan akrab Muhaimin Iskandar, membalas pertanyaan Gibran dengan bertanya, “Apa itu SGIE?”. Putra sulung Presiden Joko Widodo (Jokowi) itu memberikan jawaban terkait dengan State of the Global Islamic Economy.

Namun, penggunaan SGIE oleh Gibran disindir oleh Andi Widjajanto, Deputi Politik 5.0 Tim Pemenangan Nasional (TPN) Ganjar-Mahfud. Andi menyebut SGIE seolah-olah seperti nama rumah makan di Yogyakarta, kata Andi dalam jumpa persnya di Media Center TPN, Jakarta, Sabtu (23/12/2023). 

Andi mengungkapkan, ketika mendengar kata SGIE, yang terlintas dalam pikirannya adalah nasi gurih di Jogja. “SGIE sebenarnya merujuk pada makanan khas Yogyakarta yang terdiri dari nasi gurih santan yang disajikan dengan ayam goreng. SGIE coba ditanya sego gurih ingkung enak”. Oleh karena itu dia berpandangan terminologi dari suatu singkatan belum tentu sama.

Menurut Andi, moderator seharusnya memberikan kesempatan kepada penanya untuk menjelaskan makna dari singkatannya. Perdebatan disibukkan pada singkatan, bukan substansi sebenarnya, dan ini tidak berkualitas bagi masyarakat.

Andi menambahkan, “Kemarin, Cak Imin kehilangan waktu, 1 atau 2 menit ya, karena pertanyaannya langsung dipotong menjadi 10 detik ketika dia bertanya apa itu SGIE”.

SGIE yang dimaksud oleh Gibran adalah terkait dengan program yang berhubungan dengan ekonomi syariah dan produk halal untuk calon wakil presiden nomor urut 1.

 

Artikel ini telah tayang di www.inews.id dengan judul " Gibran Lontarkan SGIE di Debat Cawapres, Andi Widjajanto TPN: Saya Bayangkan Nasi Gurih ", Klik untuk baca: https://www.inews.id/news/nasional/gibran-lontarkan-sgie-di-debat-cawapres-andi-widjajanto-tpn-saya-bayangkan-nasi-gurih.

Download aplikasi Inews.id untuk akses berita lebih mudah dan cepat:
https://www.inews.id/apps
 

Editor : A.R Bacho

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut