get app
inews
Aa Read Next : Simak Perjuangan Garuda Muda! Begini Cara Nonton lewat Live Streaming

Jenazah Korban Ledakan Tungku Smelter Morowali Dipulangkan ke Kampung Halaman 

Senin, 25 Desember 2023 | 14:44 WIB
header img
9 Jenazah Korban Ledakan Tungku Smelter Morowali Dipulangkan ke Kampung Halaman (Foto: Dok PT IMIP)

MOROWALI, iNewsSerpong.id - Sembilan jenazah korban tewas ledakan tungku smelter nikel PT Indonesia Tsingshan Stainless Steel (ITSS) hari ini dipulangkan ke kampung halaman. Sementara jenazah empat tenaga kerja asing (TKA) China akan diterbangkan malam ini, Senin (25/12/2023). 

Kepala Divisi Media Relations PT IMIP, Dedy Kurniawan mengatakan "Sebanyak sembilan orang pekerja Indonesia telah dalam proses pengantaran ke rumah kerabat masing-masing. Sementara untuk empat jenazah Tenaga Kerja Asing (TKA) asal Tiongkok, akan diberangkatkan malam ini, Senin (25/12/2023)," katanya, Senin (25/12/2023).

Dia menjelaskan, pengantaran jenazah korban dilakukan oleh tim PT IMIP dibantu perwakilan Tenant dalam kawasan IMIP. Seluruh biaya transportasi hingga ke rumah keluarga, menjadi tanggungan manajemen PT IMIP. 

Dedy menjelaskan, hingga saat ini manajemen PT IMIP masih melanjutkan investigasi bersama tim gabungan dari Kementerian Ketenagakerjaan, tim penyelidikan Polda Sulteng, HRD PT IMIP, Safety PT IMIP, dan Safety Tenant.

Dia juga menuturkan, PT IMIP memberikan santunan awal sebesar Rp25 juta per orang bagi setiap korban meninggal dunia, juga biaya pengantaran jenazah hingga tiba di rumah keluarga masing-masing. Adapun bagi para korban luka, PT IMIP menanggung biaya pengobatan termasuk memenuhi kebutuhan perawatan di rumah sakit.   

Usai tim PT IMIP berkoordinasi dengan Badan Penyelenggara Jaminan Sosial Ketenagakerjaan (BPJamsostek) Sulteng, para korban meninggal juga akan diberi santunan yang akan diterima oleh ahli warisnya, berupa jaminan santunan sebanyak 48 kali dari upah pokok terendah. Upah pokok terendah di Kawasan IMIP Rp3.675.000 atau setara Rp174.400.000. Dana pemakaman jenazah juga diberikan sebesar Rp10 juta. 

Selain itu, diberikan juga santunan berkala yang dibayarkan sekaligus sebesar Rp12 juta. PT IMIP juga memastikan bahwa korban meninggal yang memiliki anak usia sekolah, akan mendapatkan santunan pendidikan bagi dua orang anak mereka sampai jenjang perguruan tinggi. Namun besar santunan itu tidak lebih dari Rp174 juta dan mendapatkan Jaminan Hari Tua (JHT) sesuai iuran yang didapat.

Selain memenuhi hak para korban beserta keluarganya secara layak, PT IMIP melakukan penanganan korban luka secara berkala dan berkelanjutan. Hal ini dijalankan lewat koordinasi intens dengan pihak terkait, antara lain safety tenant, satuan pengamanan objek vital nasional (PAM Obvitnas) Kawasan IMIP, Polda Sulteng, Korem 132/Tadulako, dan jajaran pemerintah Kecamatan Bahodopi dan Kabupaten Morowali.

 

Artikel ini telah tayang di sulsel.inews.id dengan judul " 9 Jenazah Korban Ledakan Tungku Smelter Morowali Dipulangkan ke Kampung Halaman ", Klik untuk baca: https://sulsel.inews.id/berita/9-jenazah-korban-ledakan-tungku-smelter-morowali-dipulangkan-ke-kampung-halaman/all.

Download aplikasi Inews.id untuk akses berita lebih mudah dan cepat:
https://www.inews.id/apps
 

Editor : A.R Bacho

Follow Berita iNews Serpong di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut