get app
inews
Aa Read Next : BOSCOD Mendorong Pertumbuhan Industri Logistik Melalui Platform Kurir COD dan Reguler yang Terpercay

Curhat Pegiat UMKM di Tegal ke Atikoh Ganjar : Ada Pungli Saat Urus Sertifikasi Halal

Jum'at, 29 Desember 2023 | 21:19 WIB
header img
Istri Calon Presiden Ganjar Pranowo Siti Atikoh berkunjung ke sentra UMKM di Tegal. (Foto: Ist)

JAKARTA, iNewsSerpong.id - Siti Atikoh Supriyanti, Istri Calon Presiden Ganjar Pranowo, melanjutkan kunjungannya ke Jawa Tengah dengan mengunjungi Kabupaten Tegal, Jumat (29/12/2023). Di Tegal, dia bertemu dengan para pelaku UMKM yang memajang produk mereka di Sand Beach, Desa Kalisapu, Kecamatan Slawi. 

Tiba di lokasi sekitar pukul 17.04 WIB, Atikoh Ganjar disambut para pelaku UMKM. Ia kemudian berkeliling melihat produk-produk UMKM, yang disambut antusias oleh warga yang berebut bersalaman dan berfoto dengannya.

Dalam dialog bertajuk "UMKM Bangkit dan Perempuan Hebat", Atikoh mendengarkan curhatan Citra, seorang pelaku UMKM, tentang adanya pungli saat mengurus sertifikasi halal. Menurut Citra, pungli tersebut semakin membebani pelaku UMKM yang sudah terkendala modal. 

Atikoh mengamini sertifikasi halal sangat dibutuhkan untuk menarik minat pembeli. Dia berharap Dekranasda dapat memfasilitasi pengurusan sertifikasi halal tersebut.

Atikoh juga menekankan pentingnya nomor izin berusaha (NIB) bagi pelaku UMKM. Menurutnya, NIB memiliki banyak manfaat, seperti terintegrasi secara nasional, sehingga pelaku UMKM dapat memperoleh bantuan-bantuan dan informasi terkait pameran. 

"Kalau sudah memiliki nomor induk usaha tentu kita sudah memiliki data, sudah terintegrasi secara nasional, sehingga kita ada benefit-benefit yang ada, bantuan-bantuan atau ada informasi terkait pameran itu teman-teman UMKM yang sudah memiliki nomor induk," ucapnya.

 

Artikel ini telah tayang di www.inews.id dengan judul " Dialog dengan Pegiat UMKM di Tegal, Atikoh Dicurhati Pungli Urus Sertifikasi Halal ", Klik untuk baca: https://www.inews.id/news/nasional/dialog-dengan-pegiat-umkm-di-tegal-atikoh-dicurhati-pungli-urus-sertifikasi-halal.

Download aplikasi Inews.id untuk akses berita lebih mudah dan cepat:
https://www.inews.id/apps
 

Editor : A.R Bacho

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut