get app
inews
Aa Read Next : 4 Tips Penting Harus Dilakukan saat Berkendara Terjadi Gempa Bumi

Jepang Diguncang Gempa 7,4 SR, Memicu Peringatan Tsunami

Senin, 01 Januari 2024 | 16:28 WIB
header img
Gempa di Jepang memicu peringatan tsunami di Jepang. Foto/Reuters

TOKYO, iNewsSerpong.id – Guncangan Gempa bumi dengan kekuatan awal 7,5 Skala Richter melanda Jepang Tengah pada Senin (1/1/2024. Gempa memicu peringatan tsunami dan meminta penduduk di sekitar pantai untuk mengungsi. 

Menurut laporan Lembaga penyiaran publik NHK, tsunami setinggi sekitar 1 meter melanda sebagian pantai di sepanjang Laut Jepang dengan gelombang yang lebih besar diperkirakan terjadi. 

Badan Meteorologi Jepang telah mengeluarkan peringatan tsunami untuk prefektur pesisir Ishikawa, Niigata dan Toyama. 

Bangunan mulai bergoyang di kawasan sekitar ibu kota Tokyo. Awalnya tidak ada laporan kerusakan atau korban jiwa. 

“Semua warga harus segera mengungsi ke tempat yang lebih tinggi,” demikian laporan NHK setelah gempa melanda wilayah Noto di prefektur Ishikawa sekitar pukul 16:10 waktu setempat (07:10 GMT). Dikatakan peringatan gempa lainnya telah dikeluarkan untuk Ishikawa. 

Badan meteorologi AS dan Jepang menyatakan gelombang tsunami berbahaya setinggi hingga lima meter (16,5 kaki) mungkin terjadi di sepanjang pantai utara Jepang tengah dalam jarak 300 km (186 mil) dari pusat gempa berkekuatan 7,5 skala Richter. 

Hokuriku Electric Power mengatakan pihaknya sedang memeriksa segala ketidakberesan di pembangkit listrik tenaga nuklirnya. 

Juru bicara Kansai Electric Power mengatakan saat ini tidak ada kelainan pada pembangkit listrik tenaga nuklirnya namun perusahaan terus memantau situasinya dengan cermat. 

Sekretaris Kabinet Yoshimasa Hayashi mengatakan tidak ada kelainan yang dilaporkan pada pembangkit listrik tenaga nuklir setelah gempa bumi, namun memperingatkan warga untuk bersiap menghadapi kemungkinan gempa lebih lanjut. 

Sebelumnya, gempa bumi besar dan tsunami melanda timur laut Jepang pada 11 Maret 2011, menghancurkan kota-kota dan memicu krisis nuklir di Fukushima.

Sementara itu, Badan meteorologi Korea Selatan mengatakan permukaan laut di beberapa bagian provinsi Gangwon di pantai timur mungkin akan naik. 

Jepang merupakan salah satu negara di dunia yang paling berisiko terkena gempa bumi.


Artikel ini telah diterbitkan di halaman SINDOnews.com pada Senin, 01 Januari 2024 - 15:43 WIB oleh Andika Hendra Mustaqim dengan judul "Gempa Besar Memicu Peringatan Tsunami di Jepang".

Editor : A.R Bacho

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut