get app
inews
Aa Read Next : Gempa Guncang Wilayah Sumur Banten Berkekuatan M 4,8, Terasa hingga Jakarta

Terjadi Gempa saat Mengemudikan Mobil, ini Tindakan Harus Dilakukan

Kamis, 21 Maret 2024 | 05:11 WIB
header img
Getaran yang dihasilkan membuat sejumlah rumah mengalami kerusakan, lantas apa yang perlu dilakukan apabila sedang mengemudi mobil? (Foto: Ist)

JAKARTA, iNewsSerpong.id – Tindakan apa yang harus dilakukan bila sedang mengemudi lalu terjadi gempa? Perlu langkah antisipatif saat gempa terjadi agar terhindar dari kecelakaan saat sedang berkendara.

Pengemudi dapat melihat tanda-tanda dari sekitar, seperti pohon yang bergoyang secara tidak normal atau orang-orang yang keluar dari rumah atau bangunan dengan tergesa-gesa.

Jika mengalami hal tersebut, jangan panik, terutama saat kendaraan bergoyang tanpa kendali. Tetap fokus pada jalan di depan, mengingat adanya risiko pohon atau bangunan roboh, jalan retak, dan tanah longsor.

Amati Situasi Genting

Langkah selanjutnya adalah mengangkat kaki dari pedal gas dan mengurangi kecepatan secara perlahan. Hindari mengerem mendadak karena dapat membahayakan pengemudi di belakang.

Amati situasi, jika tidak ada bahaya yang mengancam, maka pengemudi boleh melanjutkan perjalanan. Namun, sebaiknya berhenti sejenak untuk memeriksa kondisi kendaraan dan jalan yang akan dilalui.

Nyalakan lampu hazard, tunggu sampai situasi tenang dan terkendali. Pastikan semua penumpang dalam kondisi baik. Perhatikan juga kondisi kendaraan untuk memastikan tidak ada kerusakan.

Editor : Syahrir Rasyid

Follow Berita iNews Serpong di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut